Home Blog MOTIVASI DIRI SENDIRI DALAM BEKERJA

MOTIVASI DIRI SENDIRI DALAM BEKERJA

13
0
SHARE

Motivasi Diri Sendiri dalam Bekerja – Terkadang sebagai manusia biasa, Anda sering dipusingkan dengan beban kerja yang terlalu banyak. Ditambah konflik yang sering timbul antar karyawan, atasan, atau bahkan bawahan. Itulah alasan mengapa Anda perlu memiliki motivasi diri sendiri dalam bekerja, karena sudah seharusnya bekerja bukan hanya sebagai ajang mencari uang semata, tetapi juga aktualisasi diri dan membangun kebiasaan positif bagimu.

Motivasi diri sendiri dalam bekerja juga mutlak diperlukan untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan hingga menyebabkan pekerjaan tidak cepat selesai. Pekerjaan yang tidak selesai dalam waktu seharusnya mengakibatkan Anda harus bekerja lembur, sesuatu yang sebenarnya tidak perlu Anda lakukan. Ya! Lembur adalah kebiasaan buruk yang sebaiknya jangan Anda lakukan, mengapa demikian?

Untuk menumbuhkan motivasi diri sendiri dalam bekerja tepat waktu, Anda perlu mengetahui mengapa lembur adalah kebiasaan buruk. Berikut ini ulasannya:

  1. Produktivitas kerja menurun;

Sebaiknya, Anda harus memangkas pemikiran yang menyebutkan bahwa lembur berarti membuat Anda semakin produktif, tetapi kenyataannya hal tersebut salah kaprah. Lembur bukan hanya membuat produktivitas meningkat, malah membuat kinerja Anda semakin buruk. Bekerja terlalu lama akan membuat tubuh Anda drop, sehingga keesokan harinya, Anda tidak akan bekerja dengan fit dan bergairah.

  1. Kebersamaan dengan keluarga tergadaikan;

Meskipun Anda mendapatkan insentif dari lembur, tapi kebersamaan dengan keluarga adalah nomor satu. Mendapatkan insentif lembur saja harus Anda pikirkan lebih matang jika ingin lembur, apalagi jika tidak mendapatkan insentif.

  1. Perusahaan dan bos Anda tidak sepenuhnya peduli dengan Anda;

Apakan Anda pernah mendengar istilah, siapa yang akan menolong dan peduli dengan Anda ketika Anda sedang sakit? Apakah bos dan perusahaan Anda, atau keluarga dan sahabat Anda? Jawabannya pasti keluarga dan sahabat, bukan? Itulah mengapa Anda tidak perlu kerja keras untuk membahagiakan bos Anda, dan mengorbankan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

  1. Risiko kesehatan;

Motivasi diri sendiri dalam bekerja tepat waktu selanjutnya menuntun Anda untuk menyadari risiko kesehatan dari lembur. Jika Anda ingin bekerja lembur, seharusnya perusahaan menyediakan berbagai macam fasilitas lengkap selain insentif lembur, seperti tempat refreshing, makanan dan minuman, jaminan sehat, dan masih banyak lagi. Tetapi kenyataannya, masih banyak perusahaan di Indonesia apalagi perusahaan swasta yang tidak memperhatikan hak dari karyawannya dan memberikan beban kerja yang berat dengan gaji pas-pasan.

Motivasi diri sendiri dalam bekerja tepat waktu, selain memahami kelemahan dari lembur, Anda sebagai karyawan juga harus lebih cerdas mengelola waktu dengan baik. Apabila Anda sudah bekerja keras selama jam kerja normal, bahkan mengorbankan waktu istirahat, tetapi pekerjaan tetap tidak selesai tepat waktu, hal tersebut merupakan sebuah indikasi jika perusahaan Anda memiliki manajemen yang buruk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here