Home Blog QUOTE MOTIVASI DIRI

QUOTE MOTIVASI DIRI

10
0
SHARE

Quote Motivasi Diri – Pernahkah kita menyesali sesuatu yang kita ciptakan sendiri? Bagaimana rasanya? Tidak menyenangkan, bukan? Menyesali sesuatu hanya akan membuat hati kita merasa berat, karena merutuki keputusan yang kita buat sendiri. Ketimbang menyesal, lebih baik jika kita menerimanya dengan lapang. Sebab, setiap keputusan yang kita ambil, adalah hasil dari pertimbangan matang dari diri kita sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatasi penyesalan kita itu?

“Jangan pernah membuat keputusan saat marah. Dan jangan pernah berjanji saat engkau sedang bahagia.”

– Ali bin Abi Thalib

Quote motivasi diri mengenai membuat keputusan di atas, datang dari sahabat Rasulullah, yakni Ali bin Abi Thalib. Dari quote motivasi diri tersebut, kita belajar banyak hal: bahwa keputusan yang kita buat saat marah, cenderung akan kita sesali ketika kita sudah tidak lagi marah; dan ketika kita berjanji saat hati kita sedang bahagia, maka ketika kita sudah tidak bahagia, kita cenderung akan melupakan janji tersebut.

Padahal, keputusan yang kita buat, menentukan apa yang akan terjadi pada diri kita. Bayangkan jika kita menyesali keputusan kita sendiri, lalu berdampak buruk bagi orang lain. Nah itulah mengapa Rasulullah bahkan berulang kali melarang kita untuk marah. Beliau menganjurkan kita untuk meredam emosi dan berpikir jernih dalam menyelesaikan masalah-masalah kita. Karena, marah tidak akan menyelesaikan masalah. Ia hanya akan memperkeruh konflik dan membuat kita semakin tidak terkendali. Sehingga, keputusan-keputusan yang kita buat saat marah tidak benar-benar muncul dari otak dan pikiran kita, melainkan dari nafsu kita semata.

Begitu pula ketika kita berjanji pada seseorang ketika kita sedang bahagia. Sebagaimana kita tahu, manusia adalah makhluk yang hatinya terbolak-balik; bisa jadi hari ini dia yakin dengan dirinya, tetapi bisa jadi esok hari dia merasa pesimis akan keputusannya. Maka dari itu, Rasulullah pun mengingatakn kita untuk tidak terlalu bahagia atau terlalu sedih. Bahagialah secukupnya, sedih secukupnya, sebab segala sesuatu yang berlebihan selalu tidak baik bagi diri kita sendiri.

Bayangkan jika kita membuat janji dengan seseorang ketika kita bahagia, kita menanamkan ekspektasi yang tinggi pada mereka. Tetapi ternyata, keesokan harinya, kita mendapat masalah dan melupakan kebahagiaan kita di hari kemarin, sehingga kita melupakan janji yang telah kita buat kepada orang yang telah berharap pada kita. Maka, kita sendiri yang akan kesulitan. Karena bukankah, janji adalah hutang yang harus dibayar tunai?

Ada baiknya kita resapi quote motivasi diri yang disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib ini dan menerapkannya dalam kehidupan kita. Sesungguhnya, kita memang tidak bisa menjadi sempurna, tetapi dengan berusaha sebaik mungkin untuk menjadi orang yang lebih baik adalah tugas kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here