Home Blog ORGANISASI PEMUDA

ORGANISASI PEMUDA

67
0
SHARE

Organisasi Pemuda – Pemuda zaman sekarang siapa, sih, yang tidak melek teknologi? Di mana-mana kita lihat banyak pemuda-pemudi yang menenteng gawai, berlaga dengan gaya masa kini, berdandan cantik, serta bergabung dengan komunitas yang menjadi hobi mereka. Sah-sah saja sebenarnya hal tersebut dilakukan, apa lagi perkembangan dan perubahan zaman merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Yang menjadi satu hal yang amat disayangkan, ketika banyak pemuda yang melupakan bagaimana asal-usul dan  budaya hidup bermasyarakat, seperti mengikuti komunitas yang berguna bagi masyarakat, mengikuti organisasi kepemudaan yang justru bertujuan untuk membentuk generasi muda yang cinta bangsa, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, organisasi pemuda adalah sarana bagi si pemuda untuk mengetahui seluk beluk perjuangan para pendahulu demi meraih kemerdekaan, membentuk karakter tangguh bagi pemuda, membuat peka si pemuda terhadap rasa memiliki atau sense of belonging, serta masih banyak lagi lainnya. Dan, salah satu organisasi pemuda yang sudah ada sejak dulu serta patut buat kita lestarikan adalah karang taruna. Berikut ini sekelumit fakta tentang organisasi pemuda, seperti karang taruna.

  1. Bertujuan untuk mempersatukan pemuda demi membangun bangsa;

Tujuan utama dari organisasi pemuda adalah mempersatukan Indonesia melalui pemuda-pemudinya. Bahkan, pada zaman dulu ketika perjuangan bangsa masih gencar-gencarnya, organisasi pemuda merupakan cikal bakal proklamasi Indonesia. Terbukti dengan adanya golongan muda yang nekat menculik para proklamator dan mengasingkannya demi mempersiapkan proklamasi kemerdekaan.

  1. Tujuannya saat ini adalah membantu komponen masyarakat dan pemerintah;

Jika zaman dahulu organisasi kepemudaan bertujuan untuk mempersatukan bangsa dan negara, sampai memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, berbeda dengan saat ini, di mana tujuan utama organisasi pemuda seperti karang taruna adalah membantu komponen masyarakat dan pemerintah dalam menangani isu-isu sosial yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

  1. Sebagai media untuk memberikan motivasi bagi para pemuda;

Fakta soal organisasi pemuda lainnya adalah sebagai media untuk memberikan motivasi berbangsa dan bernegara untuk para pemuda Indonesia. Selain itu, organisasi pemuda pada saat ini juga berfungsi untuk menyadarkan generasi muda betapa berharganya persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan melihat fakta-fakta di atas, sudah barang tentu kita sebagai bagian dari lapisan masyarakat seharusnya lebih peduli terhadap isu sosial dan kesejahteraan dalam masyarakat. Memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membantu pemerintah menuntaskan problematika tersebut, dan bukannya malah menyebarkan berita hoax, atau mudah terpengaruh dengan pemberitaan yang tidak benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here