Home Blog MOTIVASI DIRI ENTREPRENEUR

MOTIVASI DIRI ENTREPRENEUR

32
0
SHARE

Motivasi Diri EntrepreneurSering kali orang menganggap bahwa entrepreneur dan pengusaha adalah profesi yang sama. Memang, jika dilihat dari kacamata orang awam, mereka melakukan pekerjaan tanpa menerima gaji dari bos atau atasan, karena merekalah bos dan atasan dari pekerjaan yang dilakukannya. Mereka juga sama-sama mempekerjakan karyawan.

Tetapi, tunggu dulu! Jika ditelaah lebih lanjut, sebenarnya ada perbedaan mendasar antara entrepreneur dan pengusaha. Itulah sebabnya, sebelum mengetahui perbedaan di antara mereka, kamu perlu paham bagaimana motivasi diri entrepreneur dalam menjalankan usahanya.

Untuk mengetahui perbedaan antara entrepreneur dan pengusaha, berikut ini beberapa fakta yang harus kamu ketahui.

  1. Orientasi sukses;

Seorang entrepreneur berorientasi bahwa kesuksesan bukan semata-mata dilihat dari hasilnya untuk dinikmati sendiri, tetapi juga menghargai setiap proses pencapaian kesuksesan tersebut. Kesuksesan seorang pengusaha dapat dilihat dari seberapa besarkah keuntungan dari penjualan produknya, tanpa memerhatikan aspek-aspek lain. Tetapi, seorang entrepreneur mendefinisikan sukses juga dapat berkontribusi untuk masyarakat. Motivasi diri entrepreneur lebih baik, bukan, ketimbang menjadi pengusaha biasa?

  1. Orientasi lamanya;

Pada umumnya, seorang pengusaha tidak memperhitungkan seberapa lama ia akan bekerja asalkan mendapat kentungan sebesar-besarnya. Karena dikejar waktu, ia sering kali juga lalai jika pekerjaan yang dilakukan belum optimal. Berbeda dengan entrepreneur, seorang entrepreneur akan telaten dan bekerja layaknya pencinta seni yang tidak melulu berorientasi pada waktu yang keuntungan, tetapi kualitas dan kepuasan konsumen.

  1. Pengambilan keputusan terkait risiko;

Seorang pengusaha dengan susah payah akan menghitung dan meminimalisir setiap keuntungan dan kerugian yang akan ia peroleh nantinya. Pengusaha cenderung tidak ingin mengambil risiko besar dengan mempertaruhkan keuntungan yang nantinya ia tuai.

Berbeda dengan sudut pandang seorang entrepreneur, di mana seorang entrepreneur akan berjuang mati-matian, meskipun harus mengambil risiko besar untuk menciptakan produk, yang ia gadang-gadang akan disukai dan berguna bagi masyarakat.

  1. Goal;

Seorang pengusaha, memiliki tujuan jika bisnis dan produk yang ia buat adalah demi keuntungan dirinya. Terkadang, ia kurang peduli dengan seluk beluk produk yang ia buat, apakah sudah sesuai standart atau belum.

Berbeda dengan entrepreneur, di mana tujuannya lebih dari sekadar keuntungan, tetapi kepuasan batin karena berhasil menciptakan sesuatu atau produk yang berasal dari passion dan hatinya.

Setelah mengetahui beberapa perbedaan di atas, sudah sepatutnya bagimu untuk mendapatkan motivasi diri entrepreneur, dan bukan hanya menjadi seorang pengusaha yang berorientasi pada keuntungan semata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here