Home Blog KELUARGA ADALAH AGEN SOSIALISASI

KELUARGA ADALAH AGEN SOSIALISASI

13
0
SHARE

Keluarga adalah Agen Sosialisasi – Seberapa besar kamu menyayangi ayah, ibu, atau saudara kandungmu?

Pasti mayoritas ada yang menjawab, “Besar sekali lah. Nggak perlu ditanya lagi.”

Atau ada yang menjawab, “Ya besar, tapi aku sering berantem sama kakak!”

Dan, berbagai macam jawaban lain.

Pasti kamu sudah paham, dong, konsep keluarga adalah agen sosialisasi, di mana dalam keluarga pertama kali kamu mengenal berbagai macam hal penting dalam hidupmu. Dalam keluarga pula kamu menemukan tempat kembali paling nyaman, yang tidak mungkin kamu temukan di tempat lain. Lebih daripada itu, sebenarnya dalam kehidupan sosial peran keluarga juga sebagai tempat membentuk karaktermu. Jika karaktermu sekarang keras kepala dan mudah terpancing emosi, mungkin pola didik atau pola asuh keluargamu yang menerapkan hal semacam itu. Sebaliknya, jika saat ini kamu memiliki jiwa lembut berarti dulu cara mengasuh orang tuamu memang seperti itu. sebenarnya, tidak ada satu pun orang tua yang menginginkan anaknya memiliki karakter buruk. Jadi, orang tua sebagai keluarga adalah agen sosialiasi yang akan membawamu menjadi seorang yang baik.

Mau tahu lebih lanjut soal keluarga adalah agen sosialisasi dan pembentukan karakter buatmu? Simak baik-baik, ya!

  1. Keluarga yang mengenalkanmu tentang agama;

Salah satu hal paling krusial dalam hidup seseorang adalah agama. Sarana untuk mengenalkan agama pertama kali kepadamu adalah keluarga. Jika dalam keluargamu memiliki konsep bahwa agama adalah nomor satu, maka beruntunglah saat ini ketika dewasa, karena agama akan membawamu pada kebahagiaan hidup sejati.

  1. Keluarga adalah tempat di mana kasih sayang ditumbuhkan;

Sebagai manusia, wajib hukumnya untuk memiliki kasih sayang di mana pun juga kepada siapa pun. Dari mana kasih sayang tersebut kamu pelajari? Jawaban pertama pasti dari keluarga, dong! Seberapa sering pun kamu bertengkar dan beradu argumen dengan anggota keluargamu yang lain, sebenarnya tidak dapat disangkal lagi betapa besar rasa kasih sayangmu pada mereka.

  1. Keluarga sebagai sarana untuk memperkenalkan pendidikan;

Tempat pertama kamu bersekolah adalah keluarga. Pertama kali kamu mampu membaca, menulis, dan memahami banyak hal juga dari keluarga. Cara pandangmu terhadap pendidikan juga dari keluarga. Maka dari itu, keluarga adalah agen sosialisasi banyak hal, salah satunya keluarga.

Di dunia ini, seperti manusia yang pasti tidak sempurna, pun begitu dengan keluarga. Tidak ada keluarga yang tidak pernah berkonflik. Tinggal bagaimana kamu sebagai salah satu anggota keluarga mengatasi hal tersebut. Mengubah konflik dalam keluarga menjadi sesuatu yang justru dapat merekatkan sebuah hubungan merupakan kewajiban utamamu, lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here