Home Blog MOTIVASI DIRI DI TAHUN BARU

MOTIVASI DIRI DI TAHUN BARU

35
0
SHARE

Motivasi Diri di Tahun Baru – Banyak yang beranggapan bahwa pada tahun yang baru, maka harapan dan motivasi manusia juga harus baru. Mungkin juga termasuk kamu. Kamu menganggap bahwa tahun baru merupakan ajang untuk memberikan janji-janji manis pada diri sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang belum didapatkan pada tahun sebelumnya. Bukan berarti kamu harus kehilangan motivasi diri di tahun baru, kamu justru harus selalu memiliki motivasi sepanjang hari dalam hidupmu, bukan hanya tahun baru saja.

Merujuk dari paragraf awal di atas, sebelum kamu memberikan janji berupa resolusi di tahun baru, ada baiknya kamu mulai mengevaluasi apakah pada tahun-tahun sebelumnya semua resolusimu sudah terwujud? Sambil berpikir dan memberikan jawaban atas pertanyaan di atas, kamu juga harus mau mengoreksi diri mengenai apa yang memang harus kamu lakukan dalam memulai sesuatu. Termasuk juga pada tahun yang baru.

  1. Menemukan penyebab resolusi yang gagal;

Langkah pertama kaitannya dengan motivasi diri di tahun baru adalah mulai mengetahui apa saja penyakit atau virus yang menjadi penghambatmu dalam mewujudkan resolusi-resolusi yang masih menggelayut sebelumnya. Kamu perlu melakukan tinjauan khusus agar penyakit tersebut dapat segera ditemukan obatnya. Bagaimana mungkin kamu ingin sembuh dari sebuah penyakit, jika penyakitnya saja kamu tidak tahu.

  1. Memiliki keyakinan baru;

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan adalah mulai mencari obat bagi penyakit di atas dan sesegera mungkin menyembuhkannya. Setelah kamu mengetahui penyebab kegagalan resolusi tersebut, maka kamu harus memunculkan keyakinan baru. Keyakinan baru ini berkorelasi dengan harapan baru serta mulai membuat resolusi baru, setelah resolusi sebelumnya mampu kamu wujudkan.

Keyakinan baru bisa kamu dapatkan dari Allah melalui ikhtiar dan tawakal, dirimu sendiri melalui usaha dan kerja keras, dan juga melalui orang lain dengan senantiasa bersikap baik kepada siapa pun.

  1. Mau merubah diri menjadi lebih baik;

Langkah ketiga adalah mau berubah menjadi lebih baik di masa depan. Kamu harus mampu membentengi diri dari penyakit hati yang pernah menempel pada dirimu. Kamu juga harus konsisten dalam mewujudkan keyakinan baru. Selain kedua hal di atas, kamu juga harus mau melakukan perubahan positif pada dirimu. Bisa dengan semakin rajin beribadah, mempertajam kepekaan terhadap hubungan sosial, mau terus belajar, dan sebagainya.

Setelah kamu mampu melakukan ketiga hal di atas, sah-sah saja jika saat ini kamu memiliki motivasi diri di tahun baru. Karena pada dasarnya perubahan positif manusia bukan mengenai tahun baru atau hari barunya, tetapi seberapa kuat dia mampu membawa dirinya menjadi lebih baik dalam waktu yang relatif cepat dan dengan cara yang efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here