Home Blog MOTIVASI DIRI BILA DIHINA

MOTIVASI DIRI BILA DIHINA

4
0
SHARE

Motivasi Diri Bila Dihina – Dalam setiap tindakan yang kamu lakukan, selalu ada saja orang-orang yang tidak suka dengan langkah yang kamu ambil. Komentar miring pun sering kali dialamatkan kepadamu. Banyak yang bisa menjadikan komentar miring tersebut sebagai cambuk untuk segera bangkit, namun banyak juga orang-orang yang tidak mampu melawan komentar negatif dan mengakibatkan keterpurukan.

Di negara yang memiliki prinsip hidup yang menjunjung tinggi kemanusiaan, terkadang kepedulian disalahartikan menjadi sebuah komnentar yang seharusnya tidak diungkapkan. Untuk itu, kamu perlu memiliki motivasi diri bila dihina untuk menolak keterpurukan dan membangkitkan semangatmu. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang dapat memberikan motivasi diri bila dihina.

  1. Ikhlas;

Jika hinaan yang ditujukan kepadamu adalah suatu hal yang tidak berdasar sama sekali, maka yang dapat kamu lakukan adalah ikhlas menghadapinya. Biasanya orang yang menghina tanpa ada dasar yang jelas, merupakan orang-orang bodoh yang tidak punya latar belakang pendidikan atau bahwa latar belakang pengajaran ilmu etika yang tepat. Itulah mengapa diam dan ikhlas menjadi cara yang paling ampuh jika kamu dihina tanpa dasar. Karena kalau pun kamu melawannya, menunjukan dirimu sama rendahnya dengan orang yang menghinamu.

  1. Mendoakannya;

Motivasi diri bila dihina selanjutnya adalah dengan mendoakannya. Setiap ejekan atau hinaan buruk yang ditujukan kepada kamu, merupakan doa buruk pada orang itu sendiri dan keluarganya. Sebaliknya, dengan hinaan tersebut, berarti kamu akan mendapatkan pahala dari orang yang menghinamu. Tugasmu sebagai korban penghinaan adalah mendoakan kebaikan bagi orang yang menghinamu agar selalu mendapatkan kebaikan dari Allah. Kembali, pahala mengalir dalam dirimu.

  1. Menjadikan hinaan sebagai pelajaran;

Dari hinaan tersebut, kamu akan paham siapa sebenarnya orang yang benar-benar baik padamu, siapa yang hanya berpura-pura. Allah memang menunjukan kebaikan kepada manusia melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah sebuah penghinaan buatmu dari orang yang mungkin saja sebelumnya berbuat baik. Menjadikan hinaan tersebut sebagai pelajaran adalah cara cerdas yang dapat kamu lakukan untuk menaikan nilai hidupmu.

Mengapa motivasi diri bila dihina perlu dilatih? Salah satu jawabannya adalah barangkali banyak orang yang iri kepada keberhasilanmu. Dengan melatih memiliki motivasi diri bila dihina, akan membuatmu rendah hati, sabar, serta selalu bersikap baik kepada semua orang. Jangan balik berbuat jahat kepada orang yang menjahatimu, sebaliknya doakan kebaikan kepada mereka agar segera disadarkan dan mendapat kasih sayang Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here