Home Blog FENOMENA MUSLIM ZAMAN NOW

FENOMENA MUSLIM ZAMAN NOW

6
0
SHARE

Fenomena Muslim Zaman Now – Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini telah mempermudah segala aspek. Di era millenial sekarang ini, di media sosial sedang populer dan menjadi trend adalah mengenai istilah yang sering kita dengar, yakni ‘kids zaman now‘. Kids zaman now dikaitkan dengan perilaku anak muda zaman sekarang. Istilah kids zaman now kini semakin menjadi sorotan publik, karena beragam tingkah laku yang kian menarik banyak perhatian. Lalu, terlepas dari itu, adakah hubungan antara kids zaman now dengan muslim zaman now?

Muslim zaman now berarti 2F, Faith yang berarti mereka mematuhi hukum-hukum agama, dan menjalankannya dengan cara yang asyik tanpa meninggalkan ketentuan syar’i yang ada di dalamnya; dan Fun yang berarti mereka mengikuti trend-trend terkini, baik dalam segi fashion, musik, seni, dan teknologi yang semakin berkembang di era digital ini. Lalu, apa pengaruh fenomena muslim zaman now ini terhadap kehidupan kita sehari-hari?

Menurut e-book (buku elektronik) yang disusun oleh Yuswohady, Iryan Herdiansyah, dan Farid Fatahillah, tiga tokoh dari perusahaan konsultan Inventure Indonesia, fenomena muslim zaman now mempengaruhi hampir di dalam segala aspek dalam kehidupan di era millenial ini, termasuk perkembangan pasar muslim yang mulai booming sejak tahun 2010.

Beberapa trend mulai bermunculan seiring dengan diterimanya fenomena ini oleh masyarakat, meliputi: produk dan layanan yang berlomba-lomba memperoleh sertifikasi halal, hijrah yang menjadi pilihan baru hidup muslim zaman now, naiknya kesadaran riba di kalangan muslim zaman now, umat-nomic yang muncul dengan konsep syariah, kesadaran ekonomi umat yang berbasis syari’ah, capitalism antithesis, soleh-smart-kids; paradigma baru bagi orang tua yang mulai menggemari pendidikan yang berbasis sekolah islam (SDIT), Lei-Sheira; destinasi wisata yang bersahabat bagi umat muslim zaman now, mipster (muslim hipster) yang menjadi role model anak muda, ngaji-gital; ustadz gaul yang berdakwah di media sosial, muz-match; ta’aruf online, muslimpreneur; bisnis yang menawarkan produk islami dan dikelola secara islami, dan lain sebagainya.

Apakah fenomena muslim zaman now memberikan dampak yang baik bagi era millenial sekarang ini? Tentu saja. Muslim zaman now adalah gambaran antara keseimbangan hidup dalam aturan hukum islam yang tidak kehilangan sisi syar’inya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi yang sudah semakin canggih. Diharapkan, fenomena ini menjadi pengaruh yang baik bagi generasi millenial, yang tetap bisa menjalankan aturan syar’i tanpa melupakan eksistensinya sebagai muslim yang hidup di zaman now.

Nantinya, admin akan membahas trend-trend muslim zaman now di artikel selanjutnya, ya. Jadi, tetap staytune! Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here