Home Blog TRAINING MOTIVASI KARYAWAN

TRAINING MOTIVASI KARYAWAN

97
0
SHARE

Training Motivasi Karyawan – Pernahkah kamu sebagai seorang karyawan di suatu perusahaan merasa jenuh dan lelah dengan aktivitas monoton dan tugas-tugas yang dibebankan untukmu? Perasaan bosan yang melanda seorang karyawan sepertimu lebih diakibatkan karena motivasi kerjamu yang kurang atau gaji yang menurutmu tidak sesuai dengan beban kerjamu. Sebenarnya tanpa kamu sadari, mungkin perusahaan sudah memberikan motivasi kepadamu berupa refreshing bersama, acara arisan, dan sebagainya. Selain hal tersebut, biasanya perusahaan juga menghadirkan motivator khusus pada acara resmi dan pemberian training motivasi karyawan demi menunjang performa kerjamu.

Memanfaatkan sebaik-baiknya pemberian training motivasi karyawan perlu kamu lakukan agar kamu dapat saling membentuk suatu ikatan yang saling membutuhkan dengan perusahaan. Kamu sebagai karyawan yang cerdas, juga harus memiliki pengetahuan yang luas berkaitan dengan hak dan kewajibanmu. Salah satunya adalah mengenal berbagai jenis traning motivasi karyawan.

Beberapa jenis pemberian materi training di bawah ini dapat kamu simak dan kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya apabila perusahaanmu memberikan materinya untukmu:

  1. Pelatihan kemampuan dan kreatifitas;

Materi training motivasi untuk karyawan yang pertama adalah pelatihan kemampuan dan kreatifitas bagi kamu dan rekan-rekanmu sebagai karyawan. Sesuai dengan namanya, pemberian materi training jenis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanmu plus memberikan pengetahuan baru agar kamu dapat berpikiran terbuka. Di sela-sela pemberian materi, juga diberikan permainan khusus yang mendorong karyawan untuk berpikir dan bersikap kreatif. Tujuannya adalah untuk mengasah kreatifitasmu dalam menjalankan tanggung jawab dan tugas-tugasmu.

  1. Pemberian training secara berkala;

Kemajuan zaman menuntut seseorang dengan berbagai macam profesi untuk turut mengikuti perkembangan teknologi. Meskipun kamu adalah karyawan senior, jangan pernah mengabaikan usaha perusahaan untuk selalu memberikan training atau pelatihan secara berkala. Pada umumnya, training tersebut selain untuk menggali ulang bagaimana kemampuanmu menyelesaikan tugas, juga memberikan pelatihan penggunaan teknologi  yang dapat membantumu menyelesaikan semua tugasmu.

  1. Pelatihan silang antar berbagai divisi di perusahaan kepada karyawan;

Training motivasi karyawan selanjutnya adalah pelatihan silang atau biasa disebut cross functional training. Pelatihan semacam ini adalah pemberian pelatihan di mana kamu dan rekan-rekanmu sebagai karyawan akan dilatih tidak hanya sesuai dengan tugas pada divisi yang kamu naungi, tetapi juga tugas dari divisi lain. Tujuan pelatihan semacam ini adalah agar kamu dapat memahami kompleksitas perusahaan dalam mengelola berbagai macam divisi dan tugas-tugas karyawan. Contohnya adalah kamu yang bekerja di divisi keuangan, pada pelatihan ini turut membantu rekanmu dari divisi pemasaran, dan sebaliknya.

  1. Pelatihan kepada karyawan berupa pemberian kursus sesuai passion karyawan;

Metode ini pertama kali dilakuakan oleh My Maid Service di mana perusahaan memberikan bekal kepada karyawan untuk melakukan pelatihan sesuai dengan passion karyawan. Perusahaan akan memberikan pelatihan khusus berupa kursus yang mana karyawan harus mengikutinya dengan syarat, bahwa kursus tersebut sesuai dengan passion karyawan. Jika perusahaanmu melakukan pelatihan seperti ini kepadamu, maka berbahagialah. Selain kamu dapat mendapatkan gaji, kamu juga dapat menjalankan tugas sesuai dengan passion-mu.

  1. Memberikan impuls atau rangsangan kepada karyawan untuk memacu rasa penasaran;

Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan sebuah teka-teki mengenai kisah hidup seorang motivator atau pun atasanmu bagaimana cara mereka meraih kesuksesan. Bagaimana cara mereka mengelola sebuah masalah hingga sampai pada satu titik berupa pencapaian tujuan. Kamu bisa memanfaatkan cerita mereka untuk memotivasimu dalam meraih karier gemilangmu.

Membentuk suatu simbiosis mutualisme antara perusahaan dan karyawan mutlak diperlukan, agar keberlangsungan hidup keduanya terjamin. Kamu sebagai karyawan, juga jangan sungkan untuk memberikan masukan kepada perusahaan tempatmu bekerja. Melalui komunikasi yang baik, selanjutnya akan terbentuk ikatan kuat yang saling membutuhkan dan saling memiliki antara kamu dengan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here