Home Blog TRAINING MOTIVASI BELAJAR

TRAINING MOTIVASI BELAJAR

47
0
SHARE

Training Motivasi Belajar – Seorang pelajar atau mahasiswa seperti kamu membutuhkan motivasi untuk selalu semangat dalam memahami mata pelajaran atau mata kuliah yang dipelajari. Tujuan utamanya tentu saja untuk menyerap ilmu dengan sebaik-baiknya. Ilmu tersebut selanjutnya akan menjadi bekal bagimu untuk meraih cita-cita dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar, bangsa, dan negara. Salah satu cara untuk menjawab semua kewajiban tersebut adalah dengan training motivasi belajar.

Training motivasi belajar sebenarnya sudah sering dilakukan oleh orang tua maupun guru di sekolah. Tapi, terlepas dari motivasi yang diberikan mereka, motivator belajar yang utama adalah dirimu sendiri. Karena pada dasarnya, menumbuhkan semangat belajar bukan berarti bahwa kamu tidak tahu bagaimana caranya bersenang-senang.

Nah, berikut ini cara agar kamu semangat untuk terus belajar:

  1. Membuat jadwal atau agenda belajar;

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan membuat sebuah planning yang jelas. Hal ini berguna untuk melatih kedisiplinanmu dalam belajar. Selain itu, kamu juga akan terbiasa dengan kegiatan lain di luar proses belajar tersebut, sehingga belajar bukan menjadi sebuah beban, tetapi kebiasaan. Agenda belajar yang dimaksud di sini juga merupakan sebuah jadwal yang saling berkesinambungan. Catat poin-poin dari materi yang harus kamu pelajari per hari, per minggu, dan seterusnya.

  1. Pelajari gaya belajar seperti apa yang sesuai denganmu;

Langkah selanjutnya adalah dengan memahami gaya belajar seperti apa yang membuatmu selalu termotivasi. Gaya belajar dengan musik misalnya. Ada juga sebagian orang yang sangat nyaman ketika belajar dengan penuh ketenangan, berkelompok atau sendiri-sendiri. Kamu pasti lebih tahu bukan, bagaimana gaya belajar yang nyaman buatmu?

  1. Manfaatkan fasilitas yang ada;

Training motivasi belajar untuk dirimu sendiri yang lain adalah dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada untuk menunjang proses belajarmu. Perpustakaan dan internet misalnya.

  1. Istirahat;

Segiat apapun kamu belajar, jangan lupa untuk beristirahat. Memforsir otak dengan rentang waktu belajar yang lama dan materi yang banyak justru akan berdampak negatif bagimu. Lebih baik setiap hari belajar selama satu jam ketimbang seminggu sekali belajar dengan rentang waktu lima jam.

Training motivasi belajar dari dalam dirimu harus selalu kamu pupuk untuk menggapai cita-citamu. Semangat belajar, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here