Home Blog TRAINING KOMUNIKASI

TRAINING KOMUNIKASI

93
0
SHARE

Training Komunikasi – Komunikasi merupakan hal utama yang penting dalam kehidupan manusia. Kedudukan manusia sebagai makhluk sosial membuat komunikasi menjadi amat dibutuhkan. Dalam praktiknya, masih banyak orang-orang yang kurang mampu melakukan komunikasi karena berbagai alasan. Training komunikasi juga kerap kali ditujukan bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan berinteraksi dengan orang  lain. Selain mahasiswa, kamu yang merupakan seorang karyawan juga mutlak membutuhkanya untuk menjamin tercapainya tujuanmu dan tujuan perusahaan yang sedang kamu naungi.

Training komunikasi untuk karyawan sepertimu, tujuan utamanya adalah melatih soft skill yang berguna bagi perusahaan dalam merealisasikan visi dan misinya. Perusahaan tempatmu bernaung, umumnya percaya jika komunikasi mutlak diperlukan untuk memberikan pondasi terhadap kinerja tim, untuk memperlancar proses pekerjaan, membuat karyawan mampu mengelola permasalahan yang muncul, juga untuk meningkatkan motivasi bekerja, berkarier, dan ambisi dari sumber daya manusia atau karyawan di perusahaan tersebut.

Jika perusahaan menjadwalkan jenis pelatihan seperti ini, manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membuat kemampuan berkomunikasimu semakin terasah. Jika mau merinci lebih lanjut, apa saja dampak positif yang dapat kamu ambil sebagai seorang karyawan jika antusias mengikuti training komunikasi. Berikut ini pemaparannya:

  1. Karyawan mampu mengelola pemikirannya;

Jika kamu mengikuti pelatihan komunikasi, kamu akan mampu mengendalikan pola pikirmu dalam berinteraksi dengan orang lain. Sering kali, kamu sebagai manusia biasa menyakiti hati dan perasaan orang lain tanpa kamu sadari. Bukan menjadi masalah besar jika orang yang kamu sakiti hatinya tersebut hanya bertemu denganmu beberapa kali. Lantas, bagaimana dengan rekan kerjamu di mana kamu akan bertemu dengannya nyaris setiap hari? Jika kamu membicarakan sesuatu tanpa berpikir ulang, kesalahpahaman yang terjadi antara kamu dengan rekan kerjamu akan sulit terhindarkan.

  1. Melatih kematangan mental;

Manfaat atau dampak positif dari pelatihan komunikasi selanjutnya adalah mematangkan mentalmu sebagai seorang pekerja. Materi-materi di pelatihan komunikasi biasanya akan mengajarkanmu betapa berharganya sebuah komunikasi yang efektif, berimbang, tanpa berlebihan. Jika kamu sudah mampu melakukannya, itu berarti mentalmu sudah semakin matang dalam menerima berbagai timbal balik alur komunikasi dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarmu.

  1. Pelatihan komunikasi juga bermanfaat untuk menciptakan nuansa kekeluargaan yang saling memiliki;

Pelatihan komunikasi selanjutnya adalah terciptanya suatu nuansa kekeluargaan dalam sebuah komunitas, termasuk kamu dengan lingkungan kerjamu. Jika kondisi ini sudah tercipta, maka perasaan saling memiliki dan membutuhkan seperti antar anggota keluarga akan tercipta. Manfaatnya, tentu saja untuk memberikan kenyamanan ketika kamu bekerja. Selain itu juga meminimalisir konflik yang terjadi antara kamu dengan rekan kerja atau pun atasanmu.

  1. Kamu akan tersadar dengan sendirinya jika komunikasi yang baik itu mutlak dilakukan;

Manfaat dari sebuah pelatihan komunikasi selanjutnya adalah kesadaranmu sebagai seorang karyawan, bahwa komunikasi yang efektif itu memang wajib hukumnya untuk dilakukan. Akan berbeda kondisinya jika orang melakukan sesuatu dengan paksaan dan dengan kesadaran sendiri. Timbulnya sikap natural dalam melakukan interaksi dengan rekan kerja yang terlihat nyata tentu akan membuat mereka memberikan nilai positif buatmu. Selain itu, jika kamu sadar dan tulus dalam melakukan komunikasi yang efektif dengan mereka. Mereka akan memberikan apresiasi bagi dirimu, selanjutnya akan meningkatkan personal branding-mu sebagai seorang karyawan yang ramah dan tulus.

Itulah beberapa ulasan mengapa training komunikasi diperlukan. Komunikasi yang baik adalah komunikasi antar orang-orang yang merasa saling membutuhkan, termasuk di lingkungan kerja. Sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman bagimu dan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here