Home Blog TOKOH-TOKOH TERKENAL

TOKOH-TOKOH TERKENAL

88
0
SHARE

Tokoh-tokoh Terkenal – Sebagai seorang yang menginginkan sebuah kesuksesan, Anda membutuhkan tokoh-tokoh terkenal yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi untuk mencapai mimpi-mimpi Anda.

Banyak sekali tokoh-tokoh terkenal yang dapat dijadikan sebagai inspirasi hidup. Salah satunya adalah para ilmuwan Islam. Dengan mengetahui biografinya, membaca karya-karyanya, dan meneladani karakternya, Anda akan semakin termotivasi untuk bisa sukses.

Ada beberapa tokoh-tokoh terkenal di dunia yang dapat Anda teladani, diantaranya Al-Farabi, Al-Battani, dan Ibnu Sina.

Al-Farabi

Seorang ilmuwan Islam yang memiliki nama lengkap Abu Nasir Muhammad bin Al-Farakh Al-Farabi. Namanya dikenal dengan Al-Farabi. Beliau merupakan ilmuwan dan filsuf islam yang berasal dari Farab, Kazakhstan.

Al-Farabi telah mengangkat islam dengan ilmunya. Beliau merupakan salah satu pemikir terkemuka sejak abad pertengahan. Selama hidupnya, beliau banyak menciptakan karya. Karya-karya yang ditinjau dari ilmu pengetahuannya yaitu logika, ilmu-ilmu matematika, ilmu alam, teologi, ilmu politik dan kenegaraan, bunga rampai (kutub munawwa’ah). Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Al-Madinah Al-Fadhilah (Kota atau Negara Utama). Di dalamnya membahas tentang pencapaian kebahagiaan dengan kehidupan politik dan hubungan antara rejim yang paling baik menurut pemahaman yang dikemukakan oleh Plato dengan hukum Ilahiah Islam.

Al-Battani

Al-Battani merupakan astronomi dan matematikawan dari Arab. Nama lengkap beliau yaitu Abu Abdullah Muhammad ibn Jabir ibn Sinan ar-Raqqi al-Harrani as-Sabi al-Battani. Beliau lahir di Harran dekat Urfa. Beliau pun dikenal dengan sebutan Albatenius.

Pencapaiannya yang terkenal salah satunya adalah dalam bidang astronomi yaitu tentang penentuan tahun matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik. Selain itu, beliau juga menemukan persaman trigonometri, memecahkan persamaan sin x = a cos x, menggunakan wawasan al-Marwazi tentang tangen dalam mengembangkan persamaan dalam menghitung tangen, cotangent, dan menyusun tabel perhitungan tangen.

Beliau bekerja di Suriah, tepatnya di ar-Rawwah dan di Damaskus, dan beliau pun wafat di sana.

Ibnu Sina

Ibnu Sina merupakan seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Usbekistan) yang dikenal dengan sebutan Avicenna di dunia Barat. Beliau juga seorang penulis yang produktif. Sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan.

Ibnu Sina dikenal sebagai bapak pengobatan modern, karena karya-karyanya banyak di bidang kedokteran. Karyanya yang sangat terkenal yaitu Qanun fi Thib yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.

Buku yang telah ditulisnya mencapai 450 buku dengan beberapa pokok bahasan besar. George Sarton menyebut Ibnu Sina sebagai ilmuwan islam yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu. Buku hasil karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, yang dikenal juga sebagai Qanun (judul lengkapnya Al-Qanun fi At Tibb).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here