Home Blog MOTIVASI DIRI DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA

MOTIVASI DIRI DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA

16
0
SHARE

Motivasi Diri dalam Menghadapi Dunia Kerja – Semakin hari, dunia kerja di luar sana semakin kejam. Seorang mahasiswa yang pintar, disiplin, dan memiliki indeks prestasi tinggi sekali pun belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang diekspektasikan setelah lulus nanti. Kamu yang saat ini masih menjadi mahasiswa dan belum tahu menahu seberapa kejamkah dunia di luar sana, sebaiknya selalu mencari dan menggali motivasi diri dalam menghadapi dunia kerja sedini mungkin, atau paling lambat ketika memasuki semester akhir.

Cara untuk mendapatkan motivasi tersebut, dapat kamu lakukan salah satunya dengan memahami kembali beberapa nasihat yang sering didengungkan oleh para worker berikut ini.

  1. Berusaha keras;

Sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja setelah lulus kuliah, ada baiknya kamu mulai serius dengan kehidupan di dunia pekerjaan. Seperti, ketika tengah mengikuti mata kuliah praktik kerja lapangan, jangan menganggap kegiatan tersebut adalah bagian dari proses perkuliahan. Anggaplah praktik kerja lapangan sebagai ajang untuk menekuni keahlian yang mungkin akan kamu temukan dalam proses tersebut. Motivasi diri dalam menghadapi dunia kerja akan semakin terasah setelah kamu selesai melakukan praktik kerja lapangan dan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

  1. Perluas jaringan;

Nasihat yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah mengenai networking. Jadikan kuliah bukan hanya ajang untuk mencari ilmu, ekspektasi untuk mencari pekerjaan, atau bahkan gaya-gayaan semata. Kuliah juga berguna untuk memperluas jaringanmu. Selain harus menjadi mahasiswa yang disiplin, kamu juga harus menjadi mahasiswa yang selalu aktif. Misalnya rajin mengikuti organisasi.

  1. Kerjakan sesuatu yang menjadi tugasmu saja;

Ketika masuk di dunia kerja yang keras, sering kali sesuatu yang kamu kerjakan justru bukan menjadi tugasmu yang sesungguhnya. Ibarat kata, meskipun kamu menjadi karyawan junior, kamu juga harus paham deskripsi pekerjaanmu. Jangan mau dimanfaatkan oleh para senior atau atasanmu. Sebelum mulai bekerja, baca dan gandakan dulu print out job description yang menjadi tugasmu nanti.

  1. Bertanya tentang gaji;

Sebagai calon karyawan, sebelum menjalankan kewajiban dan hak, terlebih dahulu selain mengetahui kewajibanmu pada deskripsi pekerjaan, kamu juga harus tahu hakmu. Kamu harus kritis bertanya berapa gajimu jika pihak perusahaan tidak memberitahukannya.

Motivasi diri dalam menghadapi dunia kerja yang kejam juga seharusnya dapat menjadi cambuk buatmu untuk mulai menekuni bakat dan minatmu. Jadi, ketika nanti kamu sudah benar-benar memasuki dunia kerja, kamu paham apa kelebihan dan kelemahan, peluang, serta ancaman yang akan kamu hadapi, juga cara mengelolanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here