Home Blog TIPE TIPE ORANGTUA SAAT ANAKNYA MENGUTARAKAN NIAT INGIN MENIKAH MUDA

TIPE TIPE ORANGTUA SAAT ANAKNYA MENGUTARAKAN NIAT INGIN MENIKAH MUDA

17023
0
SHARE

Menikah muda rasanya sudah menjadi fenomena bagi kalangan anak muda masa kini. Hal ini rasanya sudah menjadi lumrah, karena persiapan yang juga sudah dilakukan sejak dini. Namun, saat anak mengutarakan ingin menikah muda kepada orangtuanya, tentu ada hal – hal yang menjadi pertimbangan. Ada orangtua yang dengan tegas melarang, ada orangtua yang memberikan persyaratan, ada juga orangtua yang mempersilahkan. Kira – kira tipe orangtua kamu yang mana nih ? Simak yuk !

1. Tipe otoriter

Tipe orangtua ini biasanya suka bikin nyali jadi ciut duluan.

Ayah : “Kalau kamu mau menikah, selesaikan dulu studi sampai dapat pekerjaan yang tetap, untuk masalah calon pasangan, nanti ayah yang carikan.”

2. Tipe demokratis

Tipe orangtua ini biasanya lebih suka memberikan pendapat dan masukan lalu menyerahkan keputusan kepada anaknya.

Ayah : “Coba pikirkan dulu baik – baik, menikah itu tidak semudah yang dibayangkan lo. Perlu ilmu dan kesiapan mental, kamu yakin sudah bisa menanggung beban rumah tangga ? Ya… saran ayah jangan dulu buru – buru, banyak belajar saja dulu sama yang sudah rumah tangga. Nanti kalau udah ada jodonya nyamperin sendiri.”

3. Tipe Permisif

Nah, kalo tipe orangtua ini, menyerahkan semua keputusan pada anaknya. Enak juga ya ?

Ayah “Kalo memang kamu sudah siap, ayah ibu setuju saja, yang penting calon pasangannya baik.”

4. Tipe selektif

Tipe ortu yang satu ini agak repot juga karena biasanya punya kriteria calon tertentu dalam memilih calon menantu

Ibu : “Ingat ya, kalo kamu menikah cari pasangan yang pinter biar kamu bisa ketularan pinter. Yang kaya biar nanti hidup kamu ga melarat. Oh iya badannya yang tinggi dan cakep biar bisa memperbaiki keturunan. Satu lagi mesti orang satu suku biar satu pemikiran dan karakternya. Kalo bisa anak tunggal, jangan punya adik banyak nanti kamu repot ngurusin mereka juga

Itulah tipe – tipe orangtua saat anaknya mengutarakan niat ingin menikah muda. Lalu, tipe orangtua kamu yang mana nih ? Bagi kalian yang memiliki tipe orangtua seperti otoriter, demokratis, dan selektif, semua bisa dihadapi dan diluluhkan dengan cara yang baik. Gimana caranya ? Temukan jawabannya di buku Asyiknya Bangun Cinta 🙂

Setia Furqon Kholid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here