Home Blog TRAINER INDONESIA

TRAINER INDONESIA

43
0
SHARE

Trainer Indonesia – Indonesia membutuhkan pemuda-pemuda yang bisa memberikan kontribusi lebih dan mengurangi kekacauan negara. Apabila pemudanya saja sudah tidak memiliki keyakinan diri, lalu mau dibawa kemana negara ini?

Nah, inilah salah satu fungsi trainer Indonesia. Salah satu PR para trainer Indonesia adalah membangkitkan kembali semangat pemuda-pemuda Indonesia. Untuk itu, para trainer jangan hanya memikirkan bayaran yang akan diterimanya. Karena keberhasilan seorang trainer Indonesia adalah untuk membangkitkan semangat juang para pemuda Indonesia.

Apa saja sifat yang harus dimiliki seorang trainer?

1. Consistent

Seorang trainer Indonesia harus memiliki sifat konsisten. Sebab, seorang trainer akan menjadi contoh untuk para audience-nya. Agar ketika trainer berbicara, ilmunya akan lebih meresap pada audience, karena mereka pun akan memperhatikan bagaimana sikap dan perilaku seorang trainer.

2. Clarity

Trainer harus memiliki kejelasan pesan yang akan disampaikannya kepada audience. Misalnya, Anda membawa pesan kepada para muda-mudi untuk menjadi generasi cemerlang melalui gaya hidup cerdas, atau mengarahkan untuk menemukan passion yang dimiliki audience.

3. Competent

Sifat ini dimaksudkan supaya trainer memili dua hal yaitu penguasaan subjek ilmu yang akan disampaikan dan penguasaan panggung. Penguasaan ilmu sangat dibutuhkan untuk meyakinkan audience bahwa seorang trainer memanglah ahlinya dan menguasai ilmu itu. Penguasaan panggung juga diperlukan supaya seorang trainer memiliki wibawa dan kharisma di atas panggung. Karena tugas seorang trainer adalah memberikan sugesti positif kepada para audience-nya.

4. Confident

Menjaga kepercayaan diri saat mendapatkan tantangan yang lebih berat merupakan salah satu sifat trainer. Usahakan dalam kondisi apapun, seorang trainer harus terus percaya diri, jangan sampai merasa putus asa.

5. Creative

Seorang trainer harus mampu menciptakan nilai tambah baru atau menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Tanpa adanya kreativitas, maka pelatihan yang akan dilakukan akan cenderung membosankan.

6. Communicative

Sifat ini wajib dimiliki oleh seorang trainer. Karena, seorang trainer harus bisa berkomunikasi dengan orang lain, terlebih dengan audiencenya. Seorang trainer harus bisa meyakinkan peserta pelatihan supaya merasa yakin dan nyaman dengan trainer-nya.

7. Courageous

Trainer memiliki sifat yang kurang lebih seperti seorang wirausaha yaitu berani mengambil resiko. Terutama ketika menghadapi audience baru, seorang trainer jangan menyerah. Ketika dihadapkan dengan permasalahan itu, trainer haruslah merasa tertantang, apakah dia benar-benar seorang trainer. Itulah yang perlu diyakinkan oleh Anda sebagai seorang trainer, jika Anda mampu menghadapi berbagai karakter client Anda. Itu artinya, Anda adalah trainer sejati.

8. Caring

Kepedulian termasuk ke dalam sifat yang harus dimiliki seorang trainer. Anda harus bisa merasakan kesulitan yang sedang dihadapi audience dan memberikan masukan untuk solusi masalah yang mereka hadapi. Buatlah audience terkesan bahwa Anda sangat peduli terhadap mereka.

9. Compassion

Ya, seorang trainer harus terus semangat, memiliki antusias yang tinggi, dan keyakinan yang penuh terhadap dirinya sendiri. apabila seorang trainer tidak yakin dengan dirinya sendiri, lalu bagaimana ingin meyakinkan audience-nya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here