Home Blog MOTIVASI DIRI JANGAN BERSEDIH

MOTIVASI DIRI JANGAN BERSEDIH

17
0
SHARE

Motivasi Diri Jangan Bersedih – Jika ditanya mengapa kita bersedih, jawabannya sangat banyak. Kita seringkali bersedih ketika ekspektasi kita tidak sesuai dengan kenyataan, kita bersedih dengan keadaan yang membuat hati kita sakit, kita bersedih atas banyak alasan yang barangkali tidak bisa dideskripsikan.

Seringkali, kita tidak selalu bisa menyampaikan kesedihan kita di depan orang lain. Tidak hanya karena kita tidak tahu harus memulai darimana, tetapi karena kita memang tidak ingin orang lain mengetahui alasan kesedihan kita. Hal-hal seperti inilah yang pada akhirnya membuat kita kesulitan mengatasi rasa sedih itu. padahal, berbagi dengan orang lain adalah salah satu cara untuk meringankan beban di hati atas kesedihan-kesedihan yang kita rasakan.

Motivasi diri jangan bersedih menjadi penting untuk dimiliki, bukan karena kita tidak boleh bersedih, tetapi kita tidak patut untuk meratapi kesedihan itu terlalu lama. Beberapa tips mengurangi kesedihan ini barangkali bisa menjadi pilihanmu dalam mengatasi perasaan galau atas masalah-masalahmu:

  1. Jika tidak bisa mengatakannya, maka tulislah perasaan sedihmu;

Kadangkala, saat sedih, kita punya lebih banyak feel untuk menulis. Maka, tulislah, ketika kita sudah tidak sanggup berkata-kata. Menulis menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi kesedihan. Saat menulis, kita sedang berupaya menjelaskan alasan mengapa kita bersedih, harapan apa yang sebenarnya ingin kita raih, dan sedalam apa kekecewaan kita terhadap hal-hal yang tak sesuai dengan keinginan kita.

Itulah mengapa sampai sekarang masih banyak yang memiliki buku diary, meskipun banyak gawai yang sudah sangat canggih. Karena, seni menulis di buku diary selalu menyenangkan. Setidaknya, dengan menuliskan kesedihan dan kekesalan di dalam buku, kita bisa mengurangi beban dalam hati.

  1. Jadilah orang yang mudah tertawa dan murah senyum;

Meski sederhana, namun hal ini ternyata memberikan dampak yang signifikan bagi kita. Penelitian membuktikan bahwa tersenyum bisa membuat kita lebih bahagia. Jika kita sudah terbiasa tersenyum setiap hari, mudah menertawakan hal-hal sederhana di sekitar kita, maka kita akan terbiasa melakukannya sesaat setelah kita bersedih. Orang-orang yang murah senyum akan lebih mudah bangkit dari kesedihannya. Jadi, sudahkah kamu tersenyum hari ini?

  1. Alihkan perhatianmu dengan hal-hal yang lain;

Jika kamu bersedih karena seseorang, maka segera alihkan pikiran dan fokusmu kepada hal yang lain. Lakukan hobimu, kerjakan tugas-tugasmu yang belum selesai, dan mulailah menciptakan karya lainnya. Jangan larutkan hatimu dengan kekesalan dan kesedihan secara terus-menerus, karena hal itu hanya akan membuatmu semakin terluka.

Kerjakan hal-hal lainnya yang lebih positif, misal membaca, mendengarkan musik, dan menulis. Buat kegiatanmu semenyenangkan mungkin sehingga kamu akan lupa mengapa sempat bersedih.

Itulah 3 motivasi diri jangan bersedih serta bagaimana cara mengatasinya. Ingatlah, ketika kamu bersedih, maka seluruh duniamu terasa abu-abu, tidak berwarna. Tersenyumlah, agar semua duniamu bersinar, dan kamu adalah orang yang paling bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here