Home Blog INVESTASI AKHIRAT

INVESTASI AKHIRAT

4
0
SHARE

Investasi Akhirat – Berinvestasi tentulah sangat disukai oleh kalangan masyarakat, mulai dari mahasiswa hingga pebisnis sekalipun. Karena dengan berinvestasi, mereka bisa mendapatkan keuntungan yang berkali lipat bahkan bisa sebaliknya, mereka akan mengalami kerugian yang cukup besar. Dua hal itu, yaitu keuntungan atau kerugian yang akan kamu dapati jika berinvestasi hanya untuk dunia. Kemudian investasi dunia tersebut hanya bisa kamu nikmati di dunia saja karena tak kan bisa dibawa mati. Duh… agak rugi juga kalau cuma berinvestasi untuk dunia, ya.

Berbeda halnya jika kamu ingin berinvestasi untuk akhirat. Karena investasi akhirat bisa menjadi tabungan amalmu kelak, dan bisa kamu rasakan di dunia dan akhirat kelak. Namun investasi akhirat ini bukanlah perkara susah, bahkan sangat mudah untuk dilakukan.

Allah berfirman,Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bagian pun di akhirat.” (QS. Asy-Syura:20)

Investasi yang dimaksud terdapat dalam hadits dari Abu Hurairah R.A. dimana Rasulullah bersabda,Ketika seseorang meninggal dunia, maka semua amalnya terputus, kecuali 3 hal: Sedekah jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya.”

Melihat kondisi kehidupan modern seperti sekarang, banyak manusia terbuai dan terlena oleh gemerlapnya dunia, menjadikan mereka lupa akan adanya akhirat. Bahkan untuk sedekah saja terasa berat, tetapi membeli barang mewah terasa ringan. Padahal, Allah memberikan begitu banyak kelimpahan rezeki bagi hamba-Nya yang berusaha dan bekerja keras. Dari rezeki tersebut Allah memerintahkan untuk membaginya sebanyak 2,5 % bagi kaum yang membutuhkan.

Nah, jika kamu mau bersekah, In Syaa Allah sudah menjadi sedekah jariyah bagi dirimu sendiri. Kalau belum bisa sedekah dengan nominal yang besar, kamu bisa memulainya dengan nominal yang sedang atau kecil, semampu yang kamu bisa. Lalu, bagaimana kalau tidak punya uang? Pertanyaan seperti ini juga sering bermunculan. Ketika kita tidak ada uang, berarti kita tidak bisa sedekah. Presepsi seperti itu salah, karena sedekah tidak hanya melalui uang, bisa melalui ilmu yang kamu miliki atau saling membantu ketika ada orang yang butuh pertolongan. Simple, bukan? Kamu juga bisa coba sedekah yang kreatif atau bahkan menyantuni anak yatim. Islam itu sungguh indah karena saling berbagi.

Dalam ayat lain, Allah menegaskan bahwa kehidupan akhirat itu lebih baik daripada kehidupan dunia,Dan sesungguhnya akhir (akhirat) itu lebih baik daripada permulaan (dunia).” (QS.Ad-Dhuha:4)

Sungguh beruntung bagi mereka yang mengutamakan akhirat, sebab ketika mereka mengutamakan kehidupan akhirat, maka dunia akan mengikutinya. Yuk, mulailah untuk memanfaatkan hartamu untuk investasi akhirat tanpa nanti dan tapi. Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah, maka pahala yang kamu dapatkan akan berlipat ganda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here