Home Blog PROPOSAL TRAINING MOTIVASI

PROPOSAL TRAINING MOTIVASI

108
0
SHARE

Proposal Training Motivasi – Dalam setiap sesi training motivasi, dibutuhkan proposal untuk menunjang kelancaran suatu acara. Proposal harus disusun serapi mungkin untuk membuat kredibilitas penyelenggaraan training motivasi menjadi meningkat. Untuk itu, jika kamu merupakan salah satu penyelenggara dalam acara training motivasi, kamu wajib mengetahui bagaimana cara membuat proposal training motivasi yang bagus.

Proposal kegiatan merupakan sebuah karya tulis yang tujuan utamanya untuk mengusulkan suatu kegiatan yang akan diselenggarakan. Proposal kegiatan tersebut ditujukan kepada pihak-pihak terkait yang menunjang acara tersebut. Proposal tersebut biasanya berupa surat yang permohonan berupa sewa tempat, maupun materi kepada pihak terkait yang tadi disebutkan. Jenis-jenis proposal tersebut tergantung kepada macam kegiatan yang akan dilangsungkan.

Lalu, bagaimana cara membuat format proposal training motivasi yang baik dan benar?

  1. Proposal yang diajukan harus runtut dengan ketentuan;

Runtut di sini maksudnya adalah sesuai dengan ketentuan proposal yang berlaku. Berikut ini susunannya:

  • Latar belakang

Latar belakang berisi alasan yang melatar belakangi penyelenggara untuk membuat proposal kegiatan. Alasan harus diuraikan dengan detail, tidak berbelit-belit, tetapi dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

  • Masalah;

Setelah latar belakang, diperlukan identifikasi permasalahan yang merujuk kepada latar belakangnya. Misalnya, masalah sewa gedung. Disebutkan bahwa pihak penyelenggara membutuhkan sewa gedung untuk kegiatan, dan lain sebagainya.

  • Tujuan;

Selanjutnya penyelenggara menuliskan apa tujuan dikirimnya proposal kepada pihak tersebut.

  • Sasaran;

Sasaran di sini berhubungan dengan tujuan. Jika tujuannya adalah untuk menyewa gedung, maka disampaikan dengan bahasa yang sopan dan resmi agar pihak tersebut mempertimbangkan usulanmu.

  • Mengenai pelaksanaan;

Selanjutnya adalah mengenai pelaksanaan, pelaksanaan di sini maksudnya adalah merinci jadwal pelaksanaan, sampai anggaran dari pelaksanaan tersebut.

  • Penutup;

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah penutup. Penutup juga termasuk kesimpulan dan permohonan untuk mempertimbangkan usulan. Selain itu, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dengan sopan untuk menambah nilai dari kesopananmu.

  1. Jadi, jika dirinci lebih lanjut, sistematika bentuk proposal yang tidak boleh ketinggalan adalah sebagai berikut:
  • Judul Proposal
  • Latar Belakang
  • Tujuan
  • Kegiatan

Itulah beberapa inti yang ada dalam proposal kegiatan. Jika kamu membuatnya semakin baik, proposal training motivasi akan mudah disetujui penyelenggara. Banyak belajar, tidak pantang menyerah, dan berani mengambil risiko adalah kunci utama yang harus kamu pegang demi terselenggaranya acara yang bermutu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here