Home Blog MOTIVASI DIRI DALAM BEKERJA

MOTIVASI DIRI DALAM BEKERJA

66
0
SHARE

Motivasi Diri dalam Bekerja – Dalam bekerja, terkadang kamu merasa jenuh dan bosan karena rutinitas tugas harian yang begitu-begitu saja. Sebagai manusia biasa, manusiawi jika kamu mulai merasa bahwa apa yang kamu kerjakan menjadi kurang menarik karena tantangan yang di hadapi kurang variatif.

Jika sudah begitu, maka kamu mengambil jalan tengah. Bahkan kebanyakan memilih resign, padahal belum memiliki pekerjaan baru. Inilah pentingnya memiliki motivasi diri dalam bekerja sehingga apa yang kamu kerjakan kembali memacu gairah dalam hidupmu.

Selain resign atau keluar dari pekerjaan, sebenarnya ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar tetap bertahan pada pekerjaan yang membawamu pada kemajuan karier, tetapi juga semakin meningkatkan nilai jual pada dirimu. Salah satu dari cara tersebut adalah mencari side job atau pekerjaan sampingan.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kamu temukan ketika memutuskan untuk bekerja sampingan.

  1. Mendapat penghasilan tambahan;

Motivasi diri dalam bekerja agar tidak jenuh melalui kerja sampingan yang pertama, tentu saja mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih daripada itu, seberapa besar pun penghasilan tambahan yang kamu dapatkan, nilainya tidak akan lebih besar dari kepuasanmu mendapatkan satu hal baru yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga me-refresh otakmu dari pekerjaan utama yang membosankan.

  1. Meningkatkan kemampuan pengelolaan waktu;

Manfaat kedua yang tidak boleh kamu kesampingkan adalah meningkatkan kemampuan dalam hal manajemen waktu. Orang yang bekerja sampingan dan masih memiliki pekerjaan utama, biasanya selalu kreatif dalam hal pengelolaan waktu. Dia akan tetap disiplin untuk menyelesaikan tugas pada pekerjaan utamanya, di sisi lain, tugas pada pekerjaan sampingan yang menyenangkan juga akan mendapatkan perhatian dan alokasi waktu yang sama pentingnya.

  1. Mempraktikkan ilmu yang didapat dari pekerjaan utama jika pekerjaan sampingannya adalah usaha sendiri;

Manfaat ketiga dari bekerja sampingan, jika pekerjaan sampinganmu adalah usaha yang kamu rintis sendiri, adalah mempraktikan ilmu-ilmu yang kamu dapat dari pekerjaan utama. Seorang karyawan yang cerdas akan bekerja bukan hanya untuk mencari uang dan aktualisasi diri semata, tetapi juga ilmu. Jika kamu bekerja di bagian pemasaran, maka kamu akan mempraktikan langsung bagaimana caranya menjadi pemasar yang baik dalam usahamu sendiri.

Mumpung masih muda dan punya tenaga yang kuat, motivasi diri dalam bekerja perlu selalu kamu tanamkan dalam benakmu, agar menjadi seorang pribadi yang selalu kreatif, inovatif, bahkan jika dapat berkontribusi mengentaskan permasalahan ekonomi di seputar lingkunganmu, akan menjadi pahala yang tak terkira di akhirat nanti. Misalnya, jika pekerjaan sampinganmu adalah membuka usaha dengan merekrut masyarakat sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here