Home Blog MOTIVASI BUKA PUASA

MOTIVASI BUKA PUASA

50
0
SHARE

Motivasi Buka Puasa – Walaupun berpuasa seharian, sebenarnya tubuh kita hanya memerlukan makanan saat berbuka puasa dalam porsi yang secukupunya. Enyahkan pola pikir karena tubuh tidak mendapat asupan makanan selama dua belas jam lebih, lantas dengan rakus kita makan segala sesuatu yang ada di lemari pendingin atau di meja makan. Motivasi buka puasa dengan sehat harus selalu kita perlukan untuk membuat tubuh kita tetap seimbang ketika menjalankan ibadah puasa selama tiga puluh hari berturut-turut.

Untuk itu, kita perlu tahu tips untuk memberikan motivasi buka puasa yang membuat tubuh kita tetap seimbang dari sisi kesehatan maupun dari segi etika.

  1. Kendalikan hawa nafsu makan kita dengan motivasi yang unik;

Untuk mendapatkan tips motivasi buka puasa agar tidak rakus, kita juga perlu memiliki motivasi yang unik. Misalnya, untuk kita yang merasa kelebihan berat badan, maka yang dapat dilakukan adalah menanamkan pola pikir bahwa makan secukupnya ketika berbuka justru akan membuat bobot tubuh kita turun, serta membuang lemak-lemak yang bersarang di beberapa bagian tubuh kita.

  1. Utamakan makanan-makanan yang lembut dan manis;

Ketika puasa, saluran pencernaan di tubuh kita sedang beristirahat. Seperti halnya mesin yang memerlukan waktu mempersiapkan diri sebelum bekerja, pun begitu dengan saluran pencernaan kita. Maka dari itu, jangan makan makanan yang membuat saluran pencernaan kita kaget. Makanlah makanan lembut dan manis yang lekas memberikan energi.

  1. Awali dengan cairan atau minuman yang membuat tubuh kita merasa nyaman;

Sebelum memakan makanan padat, terlebih dahulu kita harus memberikan cairan kepada tubuh kita, agar tubuh kita merasa nyaman. Minuman yang dapat kita minum pun juga jangan sembarangan. Minumlah air putih atau jus tanpa es. Karena terlalu banyak minum es ketika berbuka, malah akan membuat saluran pencernaan kita bekerja keras.

  1. Pilihlah makanan dan minuman dengan gizi seimbang;

Selanjutnya yang tidak boleh kita lupakan adalah mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi yang seimbang. Perhatikan asupan protein, kalori, vitamin, dan kandungan nutrisi lainnya agar tubuh tetap kuat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sedapat mungkin, motivasi buka puasa di atas harus kita lakukan dengan rutin selama kita menjalankan ibadah puasa. Jangan sampai ketika puasa telah usai, tubuh kita justru semakin kehilangan keseimbangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here