Home Blog RENUNGAN PERTAMBAHAN USIA

RENUNGAN PERTAMBAHAN USIA

66
0
SHARE

Renungan Pertambahan Usia – Terkadang kita merasa bahwa hidup berjalan dengan cepat. Seperti baru kemarin ujian Sekolah Dasar, eh, sekarang sudah mau ujian skripsi. Ketika usia kita bertambah, maka seharusnya kemampuan dalam menjalankan hidup juga harus bertambah. Kualitas kehidupan pun juga semestinya semakin baik dari hari ke hari. Tetapi terkadang, kita tidak dapat mengendalikan pengaruh buruk yang acap kali menghampiri.

Dari waktu ke waktu, manusia memang mengalami fase-fase kehidupannya masing-masing. Fase pertama ketika berusia kanak-kanak. Pada fase ini manusia masih menjalankan kehidupan yang minim dengan tanggung jawab dan kewajiban. Hanya berkutat pada sekolah, bermain, dan pembentukan karakter diri melalui sekolah serta orang tua.

Selanjutnya, mari kita melakukan renungan pertambahan usia. Setelah berhasil melewati masa kanak-kanak, kemudian kita beranjak menjadi seorang remaja yang sebenarnya masih sangat membutuhkan bimbingan orang tua. Tetapi karena api keegoisan dan merasa diri sudah dewasa, seringkali kita tidak mengindahkan nasihat orang tua dan orang-orang sekitar kita. Padahal, pada fase yang paling mempengaruhi pola pikir kita sepanjang hidup adalah fase remaja.

Jika saat ini ada di antara kita yang masih berusia remaja, maka pandai-pandailah melindungi diri dari godaan setan yang seringkali menjelma menjadi teman baik. Akan sangat merugikan bagi kita, apabila kita menjadi remaja yang jatuh dalam kubang kenakalan. Bukan hanya akan merugikan diri sendiri dan masa depan kita, tetapi juga seluruh keluarga. Oleh sebab itu, ketika usia kita bertambah menjadi seorang remaja, maka carilah jati diri dengan cara yang baik, seperti mendekatkan diri kepada Tuhan, bergabung dengan komunitas yang positif, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Bersyukurlah bagi kita yang sudah melewati fase remaja dengan baik. Kali ini, kita kembali melakukan renungan pertambahan usia ke dalam fase dewasa. Dalam usia dewasa seperti saat ini, tanggung jawab dan kewajiban kita semakin bertambah. Banyak tuntutan yang harus kita jalankan. Mulai dari pekerjaan sampai masalah jodoh. Membekali diri dengan berbagai macam kegiatan positif baik itu dalam hal pekerjaan maupun keagamaan merupakan pilihan baik, yang akan menghantarkan kita menjalankan fase dewasa dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, selalu melakukan hal-hal yang baik juga merupakan investasi menuju fase selanjutnya.

Fase yang terakhir adalah usia tua. Di fase ini, kita akan menuai hasil dari setiap usaha yang kita jalankan mulai dari fase kanak-kanak, remaja, dan dewasa. Dengan melakukan renungan pertambahan usia untuk menjadikan diri lebih baik setiap waktu, akan membuat kita selalu menjadi orang-orang yang berguna bagi orang lain setiap fasenya, meskipun ketika kita sudah memasuki usia tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here