Home Blog PEMBICARA

PEMBICARA

61
0
SHARE

Pembicara – Menjadi seorang pembicara adalah sebuah kesempatan terbaik untuk bisa bebas mengekspresikan apa yang dipikirkan dan menyampaikan ide-ide yang liar di kepala. Bukan sebuah kebetulan ketika kita barangkali berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam event-event tertentu, karena sejak dini kita sudah terlatih untuk berbicara dan menyampaikan pendapat. Sadarkah kamu kalau secara tidak langsung kita berlatih menjadi pembicara dalam fase kehidupan kita? Barangkali 3 poin ini akan mengingatkanmu bahwa sebenarnya setiap orang punya potensi yang baik untuk berbicara di depan banyak orang, loh!

  1. Saat kecil, ibu yang menanyakan alasan pada anaknya mengapa dia bertengkar kemudian si anak menjelaskan dengan rinci, itu adalah sebuah bentuk latihan menyampaikan pendapat, loh!

Inget nggak, waktu kecil pernah bertengkar sama teman dan akhirnya dia nangis karena merasa kesal dengan kita? Biasanya, kita akan ditanyai ibu mengapa teman kita itu menangis dan kita akan menjelaskan alasannya.

Secara nggak langsung, ibu kita melatih kita untuk mengungkapkan opini, loh! Dengan menceritakan detail kejadian yang sesungguhnya, kita akan membuat otak berlatih mengingat dan mengungkapkan kembali dalam bahasa yang dimengerti. Tapi, jangan sampai berbohong, ya! Karena berbohong hanya akan memperberat kerja otak karena harus memikirkan alasan yang mudah diterima, padahal hanya rekayasa. Jangan biasakan berbohong meski dalam skala paling kecil, sebab kita nggak akan tahu dampak apa yang ditimbulkannya ke depan!

  1. Menceritakan detail alasan mengapa kita datang terlambat ke sekolah juga melatih otak untuk menjelaskan kepada guru mengenai kronologi versi kita sendiri.

Sekali lagi, bukan dengan cara berbohong, ya! Setiap kita melakukan suatu kesalahan dan akhirnya dimintai penjelasan, sebenarnya kita sedang dilatih untuk membuat sebuah kotak-kotak cerita versi kita sendiri. Menjadi pembicara jelas membutuhkan koordinasi otak yang bagus, nah dengan menjelaskan detail yang kita hadapi, kita dilatih untuk membuat sebuah cerita yang berkesinambungan.

Buat yang sering telat datang ke sekolah, alasan terseringmu apa, nih?

  1. Mempresentasikan tugas kuliah di depan teman-teman dan dosen adalah bentuk latihan untuk menjadi pembicara dalam skala kecil!

Sudah menjadi makanan sehari-harinya mahasiswa, nih, mengenai presentasi tugas kuliah yang seabrek. Namun sebenarnya, ada hal penting yang perlu digaris bawahi dalam proyek kecil dan sederhana untuk menjadi seorang pembicara ini!

Presentasi tugas/ kasus adalah cara paling efisien dari dosen untuk melihat kemampuan berbicara mahasiswanya. Hal ini untuk melihat apakah kemampuan intelegensi berbanding lurus dengan kemampuannya menyampaikan sesuatu dan mengutarakan pendapat, loh. Jangan dikira dosenmu nggak memperhatikan, sebenarnya mereka justru menguji keberanianmu untuk berbicara di depan umum dan kesiapanmu menjawab pertanyaan.

Biasanya, mahasiswa yang bagus secara akademik memiliki kesulitan menyampaikan ide-idenya. Dengan presentasi, maka akan membantunya untuk berlatih mengemukakan pendapatnya dan ikut memberikan pemahamannya kepada orang lain. Keren, kan? Kamu termasuk tim jago presentasi atau bukan, nih?

Dari ketiga poin itu, seharusnya setiap orang memiliki kapasitas menjadi seorang pembicara, kan? Jadi, semua orang tentu memiliki kesempatan yang sama, tergantung bagaimana ia memanfaatkannya saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here