Home Blog MOTIVASI KARYAWAN

MOTIVASI KARYAWAN

44
0
SHARE

Motivasi Karyawan – Jika kamu merupakan salah satu orang yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha, tentunya sudah mulai berusaha untuk merintis bisnis mulai dari sekarang. Ketika bisnismu sudah mulai berkembang, maka kamu akan mencari karyawan untuk membantumu dalam menjalankan bisnis.

Posisi pimpinan perusahaan sudah kamu pegang, berarti kamu memberikan pengaruh yang kuat untuk perusahaan tersebut. Maka sebagai pemimpin pun kamu wajib memberikan motivasi karyawan agar selalu semangat dalam menjalani pekerjaan ketika mereka mengalami kejenuhan.

Ada beberapa motivasi karyawan yang bisa kamu coba dan praktikkan langsung:

  1. Memiliki hubungan yang baik

Sebagai bos, tentunya harus memiliki hubungan yang baik dengan karyawan. Karena hubungan tersebut merupakan sebagai salah satu motivasi bagi mereka. Jika karyawan menganggap kamu sebagai pemimpin yang mempunyai kharismatik, maka mereka akan menghormatimu. Bangunlah komunikasi yang nyaman sehingga mereka tidak segan jika ingin menyampaikan pendapat. Karena komunikasi yang baik juga akan memberikan pengaruh yang positif bagi perusahaanmu.

  1. Memberikan semangat ruhiyah

Pada point ini, motivasi karyawan sangatlah penting. Jika para karyawan tidak memiliki semangat dalam dirinya, maka bisa saja mereka tidak akan menjalani pekerjaannya dengan semangat. Kamu bisa membiasakan atau memberikan aturan tambahan, misalnya sebelum bekerja di pagi hari mereka bisa melaksanakan sholat dhuha, mengaji serta aktivitas ibadah lainnya untuk meningkatkan ruhiyah mereka. In sya Allah semua akan Allah beri kemudahan, jika kita mendekatkan diri pada-Nya.

  1. Memberikan bonus

Jika karyawan mendengar kata “bonus” tentunya mereka akan sangat bersemangat. Sebagai seorang pemimpin, sudah sewajarnya memberikan bonus kepada karyawanmu yang sudah mencapai target. Bonus tersebut tidaklah didapat dengan cuma-cuma melainkan harus dengan kerja keras. Motivasi karyawan tersebut bisa membuat mereka semangat dalam mengejar target masing-masing pekerjaan mereka.

  1. Memberikan training

Saat memotivasi karyawan memberikan training juga merupakan bagian penting. Karena dengan memberikan training, maka pengetahuan karyawan akan bertambah, serta menimbulkan semangat baru. Ilmu yang mereka peroleh tidak hanya saat melakukan pekerjaan, tetapi bisa mendapat ilmu dari orang lain yang lebih berpengalaman juga sangat baik.

  1. Siap menjadi pendengar

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau mendengar kritik atau saran dari para karyawannya. Motivasi karyawan ini bisa menjadi semangat, sebab mereka tidak akan canggung atau takut jika ingin memberikan komentar, kritik ataupun saran. Seberapa banyak keluhan mereka, maka tahanlah emosimu dan berikanlah jawaban yang membuat mereka tidak kecewa ataupun sakit hati.

Beberapa tips di atas hanyalah sebagian kecil dari tips motivasi karyawan yang bisa kamu coba. Setiap pemimpin tentunya mempunyai caranya masing-masing dalam memberikan motivasi. Jangan takut untuk mengakui kesalahan jika kamu sudah menjadi pemimpin dan berikanlah pelayanan terbaik untuk mereka. Karena karyawan bukanlah seorang pelayan melainkan mereka adalah partner yang harus kita support untuk keberhasilan bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here