Home Blog MOTIVASI DIRI SEORANG GURU

MOTIVASI DIRI SEORANG GURU

54
0
SHARE

Motivasi Diri Seorang Guru – Seorang guru adalah profesi yang sering dianggap mulia oleh banyak kalangan. Guru sering di-klaim sebagai sosok sempurna yang mampu membimbing muridnya dan menjadi teladan bagi banyak orang, termasuk orang tua kandung murid. Tetapi, di balik harapan dan keinginan yang menuntut seorang guru untuk menampilkan kesempurnaan sikap dan perilaku, guru tetap manusia biasa yang terkadang mempunyai perasaan gelisah, putus asa, dan merasa kehilangan kepercayaan diri.

Oleh sebab itu, pengajar tersebut membutuhkan motivasi diri seorang guru untuk selalu percaya diri dan memiliki kredibilitas sebagai orang tua sekaligus sahabat yang baik di kalangan berbagai pihak. Selain itu, seorang guru juga harus mempu menjalin keterikatan emosi antara dirinya dengan siswa.

Berikut ini, beberapa tips yang dapat dilakukan seorang guru untuk menjalin kedekatan emosi dengan murid atau siswa, tujuannya untuk mendapatkan motivasi diri seorang guru.

  1. Anggap murid adalah teman, bahkan sahabat;

Hal pertama yang dapat dilakukan seorang guru untuk memotivasi dirinya menjadi orang yang mampu menjalin interaksi secara intens dengan siswa, adalah menganggap jika murid adalah sahabat. Sebagai seorang sahabat, otomatis seorang guru bukan hanya peduli dengan jalinan pertemanan saja, tetapi juga mau memahami apa yang dirasakan siswanya. Mengubah suasana belajar di kelas menjadi menyenangkan dengan gaya dan karakter masing-masing, tetapi tetap disesuaikan dengan usia murid dan mampu membantu dengan ikhlas apa yang dibutuhkan murid adalah tantangan yang harus ditaklukan seorang guru.

  1. Memberikan motivasi belajar dan motivasi hidup kepada siswa;

Cara kedua yang dapat dilakukan guru untuk mendapatkan motivasi diri seorang guru selanjutnya, adalah memberikan motivasi belajar sekaligus motivasi hidup kepada siswa. Motivasi hidup tentu saja disesuaikan dengan usia siswa, misalnya seorang guru Sekolah Dasar, memberikan motivasi bahwa belajar sungguh-sungguh dan mengembangkan bakat yang ada merupakan sarana untuk membangun masa depan gemilang. Seorang guru SMP atau SMA tentu saja harus memberikan motivasi hidup bukan hanya sekadar untuk rajin belajar saja, tetapi juga sudah harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dengan bakat yang dia miliki.

  1. Memberikan sudut pandang positif kepada siswa;

Cara ketiga yang dapat dilakukan seorang guru dengan memberikan sudut pandang positif mengenai dunia kepada siswa. Salah satu caranya adalah mengemukakan tantangan-tantangan hidup di masa depan, tetapi juga berikan mereka kepercayaan, jika segala macam tantangan hidup akan mudah dilalui asalkan murid memiliki bekal dan tekad kuat.

Motivasi diri seorang guru di atas, juga bermanfaat untuk memberikan pengaruh positif bagi guru tersebut. Meyakinkan banyak orang bersikap positif tentu saja secara otomatis akan membuat seorang guru paham bahwa sikap positif akan membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here