Home Bisnis ETIKA BISNIS DAN MANAJEMEN

ETIKA BISNIS DAN MANAJEMEN

51
0
SHARE

Etika Bisnis dan Manajemen – Manusia hidup itu butuh sesuatu buat selalu mengontrolnya. Tujuannya tentu untuk mengetahui seberapa pantas tindakan yang dia jalankan. Apakah sudah sesuai dengan norma, ataukah masih seenaknya sendiri. Istilah yang umum dipakai untuk menggambarkan keadaan buat melihat baik buruknya sesuatu adalah etika. Pun begitu ketika seseorang menjalankan roda perekonomiannya, di mana dalam melakukan bisnis tersebut, dia membutuhkan etika bisnis. Dalam setiap detail bisnis yang dia kelola juga perlu etika, biasanya disebut dengan etika manajemen.

Etika bisnis dan manajemen merupakan konsep untuk mengelola suatu usaha, agar si pengusahan mampu membangun kerajaan bisnisnya dengan etis tanpa merugikan pihak mana pun. Mau tahu apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memiliki etika bisnis dan etika manajemen? Simak ulasan berikut ini, ya!

  1. Menjunjung tinggi kejujuran di atas segalanya;

Sebagai pengusaha, wajib, dong, hukumnya untuk menjunjung tinggi prinsip kejujuran. Nah, kalau Anda saja sudah berani membohongi konsumen, maka jangan harap usaha yang Anda lakukan barokah. Dampaknya? Jangan ditanya lagi, usaha yang Anda jalankan akan penuh dengan intrik busuk yang membuat Anda akan merugi di dunia dan di akhirat.

  1. Adil itu juga penting, lho;

Jika kepingin menjadi seorang pengusaha yang beretika, jangan lewatkan juga prinsip atau konsep keadilan. Bayangkan saja, kalau Anda tidak adil dengan karyawan, kecemburuan sosial akan menyeruak, tinggal tunggu saja Allah balik mengadili Anda.

Selain adil kepada karyawan, yang tidak boleh Anda tinggalkan tentu saja harus adil dengan diri Anda sendiri. Lah, kok, bisa? Iya, dong, kalau Anda terlalu memforsir kerja tanpa memperhatikan keluarga dan sahabat, meskipun uang Anda segunung, Anda juga pasti tidak akan bahagia.

  1. Memegang teguh rasa peka dan peduli;

Seberapa kecil pun laba yang Anda dapat dapat setiap bisnis yang Anda jalankan, jika Anda menjadi seorang yang ringan tangan, Allah juga akan menambah rezeki Anda. Sikap peka dan peduli terhadap lingkungan akan berdampak baik bagi diri Anda. Untuk apa tujuannya? Tentu saja untuk memberikan sumbangsih Anda kepada lingkungan. Istilah untuk hal ini adalah CSR (Corporate Social Responsibility).

  1. Jangan lupa tanamkan disiplin, ya!

Etika bisnis dan etika manajemen selanjutnya adalah menanamkan disiplin dalam setiap tindakan Anda. Jika dulu sebelum memiliki perusahaan sendiri Anda berpikir kalau jadi bos itu bebas mau datang ke kantor jam berapa, maka sekarang saatnya Anda mengubah mindset, jika ingin sukses maka harus disiplin dalam hal apa pun.

Etika bisnis dan manajemen itu penting sekali, lho. Kalau Anda tidak percaya, coba, deh, telaah bagaimana kerugian yang diterima First Travel karena kasus penipuan biro perjalanan haji dan umrahnya. Si owner bukan cuma menanggung malu, kehilangan pekerjaan, kehilangan aset dan lainnya, tapi juga masuk bui, dan dapat sumpah serapah serta doa-doa jelek dari para korban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here