Home Blog TOKOH INSPIRASI HIDUP

TOKOH INSPIRASI HIDUP

44
0
SHARE

Tokoh Inspirasi Hidup – Menemukan tokoh inspirasi dalam hidup sangatlah penting untuk kehidupan. Walau bagaimanapun, kita membutuhkan seseorang untuk dijadikan sebagai suri tauladan dalam kehidupan kita. Tokoh inspirasi yang paling baik adalah Nabi Muhammad SAW.

Untuk mengidolakan seorang tokoh inspirasi hidup membutuhkan sebuah etika supaya tidak salah memilih. Ketika Anda memutuskan memilih, maka ada beberapa pengaruh yang akan terjadi pada diri Anda.

Pengaruh positif

  1. Menjadi motivator dalam hal positif

Menggemari tokoh-tokoh muslim akan membuat Anda menjadi seorang yang selalu bersemangat untuk menjadi lebih baik lagi. Tokoh inspirasi hidup untuk Anda akan membawa dampak baik untuk Anda, seperti semangat beribadah, semangat kerja, semangat berkarya, dan mencapai prestasi.

  1. Sumber inspirasi kebaikan

Tokoh inspirasi yang dipilih harusnya dapat menginspirasi Anda untuk memberdayakan potensi yang ada dalam diri Anda. Misalkan, Anda menjadikan Setia Furqon Kholid sebagai tokoh inspirasi hidup, secara tidak sadar maka Anda akan mengikuti jejaknya yang sangat bersemangat dan pantang menyerah dalam mencapai kesuksesannya sebagai motivator dan penulis, atau Anda mengidolakan Oki Setiana Dewi menjadi tokoh inspirasi hidup, Anda akan mengikuti cara berhijabnya Oki. Dengan begitu, Anda akan menjadi seorang yang berbudi pekerti luhur dan kaya akan ilmu.

  1. Menumbuhkan jiwa pemimpin

Melalui mereka, Anda dapat menyusun visi dan misi Anda dengan penuh makna. Sehingga jiwa kepemimpinan Anda akan terlatih dengan sendirinya. Sebaik-baiknya tokoh inspirasi hidup yaitu Rasulullah SAW. Contohnya saja para khalifah yaitu Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib, mereka sangat mengidolakan baginda Nabi Muhammad SAW. Sehingga mereka tumbuh menjadi seorang pemimpin yang juga menjadi panutan bagi rakyatnya.

Pengaruh Negatif

  1. Meniru tokoh yang salah

Untuk memilih tokoh inspirasi hidup harus bisa memilah. Jangan sampai Anda memilih tokoh yang salah. Nanti bukannya Anda menjadi seorang yang lebih baik, melainkan Anda akan tumbuh dengan sikap-sikap negatif. Jika memilih tokoh inspirasi hidup, pilihlah para tokoh-tokoh Islam, mereka adalah orang-orang pilihan Allah. Sehingga, Anda tidak perlu lagi ragu untuk meneladaninya.

  1. Memuja secara berlebihan

Kini, banyak fenomena remaja yang memuja idola secara berlebihan. Hal itu, akibat pemilihan idola yang salah, sehingga mereka berlebihan dalam memujinya. Bahkan bukan hanya memuji, namun memuja. Semoga kita tidak masuk di dalamnya. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here