Home Blog PEMUDA DAN PERUBAHAN SOSIAL

PEMUDA DAN PERUBAHAN SOSIAL

25
0
SHARE

Pemuda dan Perubahan Sosial – Pemuda seperti kita ini harusnya paham, ya, konsep yang mengatakan bahwa perubahan sosial berada di tangan kita. Apa lagi sejak kecil sampai di bangku kuliah kita selalu dididik untuk berani melawan setiap tindakan yang tidak memihak masyarakat luas. Nah, lebih lanjut, kita yang pernah mengenyam bangku kuliah pasti paham betul ungkapan yang menjelaskan bahwa mahasiswa adalah Agent of Change atau agen perubahan. Dalam teori tersebut, perubahan yang dimaksud tentu saja tentang pelbagai macam problematika sosial.

Pemuda dan perubahan sosial merupakan paket komplit untuk membangun Indonesia menjadi negara yang semakin maju dari ke hari. Tapi, sering kali ungkapan agen perubahan di atas justru dimanfaatkan mahasiswa yang tidak bertanggungjawab untuk menimbulkan kericuhan, baik itu demo yang tidak bermartabat, adu domba, atau bahkan menjual status sebagai mahasiswa untuk kepentingan pribadi. Padahal seharusnya, mahasiswa sebagai perwakilan dari pemuda intelektual memanfaatkan tugas keagenan tersebut dengan lebih bermanfaat.

Dalam sejarah dunia pun, pemuda dan mahasiswa menjadi sosok sentral yang berperan penting dalam kemajuan bangsa dan negara. Kalau kita mau bukti nyata, adalah pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945, di mana pemuda seperti Ir. Soekarno dan tokoh proklamator lainnya berani menentang penjajahan dengan nekat memproklamirkan Indonesia menjadi negara yang merdeka. Sesuatu yang sebenarnya sedikit ditolak oleh golongan tua.

Maka, tidak perlu dipertanyakan lagi, bukan, bahwa pemuda dan perubahan sosial merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Tetapi sebelum melakukan perubahan, terlebih dahulu kita sebeagai generasi muda dan atau mahasiswa terlebih dahulu harus mampu membulatkan niat untuk menjadi seorang yang yakin dan percaya diri, bahwa kita bisa. Bagaimana caranya? Salah satunya melalui pembentukan karakter. Sebagai agen perubahan, kita harus memiliki karakter yang tidak pantang menyerah, tangguh, kreatif, optimis, juga mampu untuk menyesuaikan diri dengan segala perubahan zaman.

Setelah kita sudah siap dengan berbagai macam karakter di atas, lantas yang perlu kita lakukan adalah segera mengeksekusinya. Tugas keagenan sebagai pembawa perubahan dapat kita lakukan dengan terjun langsung ke masyarakat. Melalui kombinasi dari niat, bakat, serta karakter yang sudah kita bentuk sebelumnya, kita harus mampu menjadi sesuatu yang bisa membanggakan bangsa. Misalnya, jika kita adalah seorang guru, maka yang perlu kita lakukan adalah menjadi guru yang menyenangkan, kritis, disiplin, dan peka terhadap isu sosial agar mampu membentuk karakter anak didik untuk menjadi seorang yang mencintai kedamaian bangsa dan negaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here