Home Blog PELATIHAN MOTIVASI

PELATIHAN MOTIVASI

35
0
SHARE

Pelatihan Motivasi – Banyak pelatihan motivasi yang saat ini sering dilakukan dalam berbagai bidang dan tempat. Baik itu di sekolah, di tempat kerja, bahkan dalam lingkungan sehari-hari. Sebenarnya, tanpa kita sadari, pelatihan motivasi sering kamu dapatkan atau bahkan kamu berikan kepada orang-orang di sekitarmu. Banyak cara atau dapat juga dikatakan sebagai pelatihan motivasi yang diberikan oleh salah satu pihak kepada pihak lain. Misalnya saja, pihak perusahaan yang memberikan insentif kepada karyawannya berupa sejumlah uang, atau orang tua yang memberikan motivasi belajar kepada anaknya melalui iming-iming rekreasi bersama. Hal tersebut tentu saja wajar dan mudah dilakukan, mengingat motivasi tidak harus dilakukan secara formal.

Lantas, dari berbagai macam pelatihan motivasi secara informal tersebut, ada beberapa jenis motivasi yang sering dilakukan oleh berbagai pihak.

Berikut ini rangkumannya:

  1. Motivasi lingkungan sosial;

Motivasi jenis ini merupakan motivasi yang saling didapatkan oleh orang-orang di sekitar lingkungan sosial mereka. Kebanyakan orang akan termotivasi apabila orang di lingkungannya terlihat sukses. Misalnya saja anak sekolah yang menjadikan teman mereka sebagai motivator belajar bagi mereka.

  1. Motivasi yang timbul akibat rasa takut;

Motivasi jenis ini dilakukan karena seseorang merasa takut menghadapi sesuatu apabila tidak melakukan apa yang seharusnya dia dapatkan. Contohnya, kamu takut jika kinerjamu di kantor jelek, bos akan menegur, bahkan memecatmu. Ketakutan semacam ini akan memotivasimu untuk giat dalam bekerja.

  1. Motivasi sikap positif;

Motivasi jenis ini merupakan motivasi yang terbentuk akibat sikap dan pemikiran positif yang tertanam dalam dirimu. Jika mayoritas orang beranggapan sesuatu tidak mungkin dilakukan, tetapi kamu tetap bersikap dan berpikir positif, maka bukan tidak mungkin kamu dapat meraihnya.

  1. Motivasi bagimu yang berprestasi;

Berikutnya adalah motivasi yang tertanam dalam dirimu karena ingin mendapatkan suatu prestasi. Prestasi tersebut selanjutnya akan sangat berguna bagimu sebagai personal branding atau semacamnya, demi meraih cita-citamu.

  1. Motivasi berupa investasi;

Motivasi berikutnya adalah motivasi berupa investasi. Kamu akan terdorong melakukan motivasi ini karena merasa bahwa cita-citamu bukan hanya butuh diraih, tapi juga berkualitas. Maka, kamu akan melakukan hal-hal yang dapat membuatmu meningkatkan kualitas dirimu dalam meraih cita-cita tersebut.

Itulah beberapa jenis pelatihan motivasi secara informal yang dapat membantumu menjalani hidup dengan lebih baik serta meraih cita-citamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here