Home Blog NAMA ORANG TERKENAL DI INDONESIA

NAMA ORANG TERKENAL DI INDONESIA

81
0
SHARE

Nama Orang Terkenal di Indonesia – Ada sederetan nama orang terkenal di Indonesia yang jasa-jasanya sangat berpengaruh hingga saat ini. Pengaruh terbesar terhadap anak Indonesia, salah satunya dalam bidang pendidikan.

Adalah Ki Hajar Dewantara yang terlahir dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soerjadiningrat yang merupakan salah satu nama orang terkenal di Indonesia yang berperan penting pada masa penjajahan Belanda. Beliau adalah tokoh yang peduli terhadap pendidikan masyarakat pribumi ketika kolonial Belanda masih menjajah Indonesia. Beliau lahir di Jogjakarta pada tanggal 02 Mei 1889. Sebagai penghormatan atas jasa-jasa beliau, pada setiap tanggal 02 Mei diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Siapa yang tidak tahu semboyan beliau yang amat terkenal, yaitu, “Ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.” yang artinya adalah “Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan.”

Dari pemaparan di atas, kamu sebagai anak bangsa wajib hukumnya untuk meneladani sikap Ki Hajar Dewantara di atas. Berikut ini ulasannya:

  1. Memiliki semangat belajar yang terus membara;

Keteladanan dari Ki Hajar Dewantara yang merupakan salah satu dari nama orang terkenal di Indonesia tersebut, adalah dengan terus menjaga semangat belajar. Pada zaman Belanda, hanya orang-orang berada saja yang diperbolehkan mengenyam pendidikan, padahal sebenarnya rakyat biasa pun sebenarnya juga punya keinginan kuat untuk belajar. Dari pernyataan tersebut, seharusnya kamu malu karena sudah mendapatkan kesempatan belajar, tetapi malah kamu sia-siakan.

  1. Terus berjuang dan pantang menyerah;

Setelah tamat dari pendidikannya, Ki Hajar Dewantara kemudian pindah ke Stovia untuk meneruskan pendidikan, tetapi karena beliau kurang sehat, Bapak Pendidikan ini kemudian jarang masuk. Namun hal tersebut sama sekali tak membuatnya mundur melanjutkan perjuangan. Beliau tetap berjuang mengembangkan bakatnya dengan menjadi penulis surat kabar.

  1. Suka bersosialisasi dengan masyarakat;

Keteladananan Ki Hajar Dewantara selanjutnya adalah aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Meskipun beliau merupakan orang pendidikan, tetapi beliau tetap semangat dalam mencari ilmu di bidang politik dan sosial. Hal tersebut membuatnya berani untuk mengkritisi penjajahan Belanda masa waktu itu.

Keteladanan di atas, dapat menginspirasimu menjadi sosok anak bangsa yang tangguh, semangat untuk tetap berjuang, dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara. Pendidikan merupakan investasi yang tidak akan pernah surut termakan badai ekonomi dan masalah sosial lain. Meneladani sikap salah satu nama orang terkenal di Indonesia, Ki Hajar Dewantara ini merupakan solusi terbaik untuk kamu sebagai anak bangsa dalam menggapai kesuksesan di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here