Home Blog MOTIVASI TOKOH

MOTIVASI TOKOH

47
0
SHARE

Motivasi Tokoh – Jangan sepelekan anak bangsa. Sejatinya, Indonesia juga kaya akan orang-orang hebat yang dapat menjadi inspirator dan motivator bagi generasi selanjutnya. Salah satunya adalah Almarhum Buya Hamka. Meskipun beliau telah wafat, tetapi karya dan semangat motivasinya tak pernah usang diterjang badai kemajuan zaman. Haji Abdul Malik Karim Amrullah, nama asli Buya Hamka, adalah seorang sastrawan, ulama, politikus, sejarawan, novelis, dan merupakan negarawan hebat dengan banyak prestasi. Beliau dilahirkan di Kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908, dan meninggal dunia pada usia 73 tahun. Beliau diberi julukan buya yang berarti abi dalam bahasa Minangkabau, Abuya dalam bahasa Arab berarti ayahku. Salah satu kalimat motivasi tokoh Islam yang paling terkenal ini adalah, “Hidup ini bukanlah suatu jalan datar dan ditaburi bunga, melainkan ada kalanya disirami air mata dan juga darah.”

Kalau kalimat tersebut dikupas dengan lebih mendetail, maka berikut ini ulasannya :

  1. Cobaan datang untuk menghapus dosa manusia;

Manusia yang hidunya sedang diuji, pada dasarnya adalah untuk memberikan tangga bagi manusia tersebut untuk naik kelas. Selain itu, masalah yang datang juga untuk menghapus dosa-dosa manusia yang sedang dalam cobaan tersebut. Cobaan menghantarkan manusia kepada surga Allah, dengan catatan jika si manusia tersebut mau bersabar dan semata-mata hanya mengharap pahala dari Allah.

  1. Memotivasi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah;

Motivasi tokoh Buya Hamka di atas juga bermaksud, bahwa cobaan yang ditandai dengan jatuhnya tetes air mata dan darah, juga untuk memotivasi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah. Allah akan senang jika makhluk ciptaan-Nya berpasrah dan berdoa kepada-Nya. Sesungguhnya Allah adalah yang maha kuasa atas apapun di dunia ini.

  1. Memahami betapa besar kenikmatan yang diberikan Allah;

Dari cobaan tersebut, manusia akan semakin paham bahwa sesungguhnya Allah telah memberikan kenikmatan hidup yang luar biasa. Kesehatan tubuh yang mahal harganya, kesempatan beribadah dengan bebas, dan sebagainya.

  1. Selalu mengingat kematian;

Dari pelbagai cobaan hidup, manusia cenderung akan selalu mengingat kematian yang menjadi keniscayaan. Manusia yang sedang mengalami cobaan hidup biasanya akan semakin paham bahwa jarak antara hidup dan kematian begitu dekat dengannya.

Jelas, motivasi tokoh Buya Hamka di atas dapat menjadi teladan yang berharga untuk kehidupan selanjutnya. Roda kehidupan manusia selalu berputar. Ingatlah, di balik cobaan dan kesusahan hidup, Allah telah memberikan hadiah pahala, baik di dunia maupun di surga-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here