Home Blog MOTIVASI SUKSES SECARA ISLAMI

MOTIVASI SUKSES SECARA ISLAMI

16
0
SHARE

Motivasi Sukses Secara Islami – Islam memberikan kemudahan berupa aturan yang jelas bagi umatnya dalam menjalankan sebuah bisnis yang aman, dan minim dengan pelanggaran yang dapat memberikan efek kemudaratan bagi manusia. Bisnis yang dijalankan semata-mata hanya mengharap kebaikan dari Allah, pada era milenial seperti sekarang ini kerap kali dilupakan. Padahal, Islam selalu memberikan motivasi sukses secara Islami yang menjadi tolak ukur bagi manusia, terutama umat Islam dalam melakukan kegiatan bisnisnya, utamanya yang berkaitan dengan keuangan.

Berbicara mengenai keuangan, bagaimana tanggapan Anda terhadap bunga di perbankan? Apakah Anda adalah adalah sebuah nasabah bank yang juga seringkali menggunakan layanan perbankan dengan senang hati? Atau sedikit banyak menggunakan layanan dengan berat hati?

Motivasi sukses secara Islami sebenarnya sudah menjelaskan berbagai pendapat mengenai sistem kerja bank. Berikut ini ulasan yang patut Anda simak.

  1. Pendapat pertama dari para ulama yang mengatakan bahwa sistem kerja bank adalah riba dan haram;

Melihat dari bagaimana sistem kerja dari perusahaan perbankan, pendapat pertama dari para ulama adalah riba. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, riba adalah pelepasan uang, lintah darat, bunga uang, dan rente. Riba di sini tidak hanya berlaku bagi bank swasta saja, tetapi juga bank pemerintah. Mengapa dikatakan riba?

Penjelasannya adalah karena adanya aturan-aturan seperti, kewajiban untuk membayar kewajiban ditambah dengan adanya bunga, adanya jangka waktu dalam pinjaman tersebut. Apabila tidak sesuai batas waktu pembayaran, para kreditor akan mendapatkan sanksi-sanksi yang ditentukan.

  1. Pendapat pertama dari para ulama yang mengatakan bahwa sistem kerja bank adalah syubhat (belum jelas antara halal atau haram)

Beberapa ulama menjelaskan bahwa cara kerja bunga bank adalah syubhat. Untuk sistem kerja bank pemerintah, sebagian ulama mengatakan bahwa halal, karena untuk membangun negara yang hasilnya juga akan dinikmati oleh kreditor juga. Sedangkan, cara kerja bank swasta adalah haram karena hasil bunga bank dari kreditor untuk para pemilik saham.

  1. Pendapat ketiga menyatakan bahwa sistem kerja bank adalah halal apabila terpaksa dan darurat;

Pendapat terakhir ini menyatakan bahwa sistem kerja bank adalah halal selama digunakan dengan keterpaksaan, apabila tidak segera dilakukan maka akan terjadi kehancuran.

Motivasi sukses secara Islami mengenai cara kerja bank di atas, menyimpulkan bahwa sistem kerja bank sebenarnya adalah haram jika tidak digunakan dengan terpaksa. Jika Anda masih gamang dengan penjelasan di atas, Anda dapat mengunjungi para ulama dan memastikan apakah langkah yang Anda pilih dengan menjadi nasabah bank sudah tepat atau belum. Memperhatikan aturan agama adalah langkah terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kemaslahatan atau kesuksesan hidup di dunia maupun di akhirat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here