Home Blog MOTIVASI SUKSES MASA DEPAN

MOTIVASI SUKSES MASA DEPAN

31
0
SHARE

Motivasi Sukses Masa Depan – Kesuksesan masa depan merupakan salah satu pemikiran yang harus selalu tertanam dalam benakmu. Motivasi sukses masa depan tidak melulu mengenai materi. Sukses masa depan juga berarti memiliki motivasi untuk terus maju dalam bidang apapun, termasuk membentuk generasi penerus yang bermartabat dan berkualitas, untuk meneruskan perjuangan bangsa.

Motivasi sukses masa depan terkait hal di atas, salah satunya dapat dilakukan dengan mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya. Anak-anak merupakan aset paling berharga, baik oleh keluarga, maupun bangsa dan negaranya. Oleh sebab itu, sebagai orang tua atau calon orang tua perlu memiliki konsep yang positif agar anak-anakmu menjadi seorang yang berguna.

  1. Selalu meluangkan waktu dengan keluarga;

Motivasi sukses masa depan terkait pembentukan karakter anak yang pertama adalah dengan selalu meluangkan waktu bagi keluarga. Sesibuk apapun dirimu, kamu tidak boleh menggadaikan kebersamaan dengan mereka. Mereka bukan hanya butuh materi semata, tetapi lebih daripada itu, anak butuh bimbingan dan teladan secara langsung untuk membentuk karakter yang baik bagi masa depannya.

  1. Melatih kemandirian kepada anaknya;

Sebagai orang tua, wajar jika kamu merasa seorang anak butuh selalu dibantu, tetapi orang tua yang cerdas tahu kapan waktunya untuk melatih kemandirian kepada anak. Memberikan perhatian kepada anak tidak harus dilakukan dengan selalu membantu semua pekerjaannya, tetapi dengan memberikan kebebasan dan kemandirian yang bertanggungjawab akan membentuk karakter tangguh dari mereka sejak dini.

  1. Memperkenalkan anak dengan kewajiban dan tanggung jawabnya;

Latih anak untuk mengenal apa kewajiban dan tanggung jawabnya sesuai dengan usia mereka. Anak yang paham akan tanggung jawabnya, cenderung mampu mengelola waktu dengan baik. Rasa tanggung jawab juga akan membawa mereka menjadi orang yang peka dan tidak apatis terhadap kondisi lingkungan.

  1. Beri penghargaan dan pemberian konsekuensi atas tindakan tertentu;

Sesekali, kamu boleh memberikan penghargaan kecil kepada anak apabila mereka melakukan sesuatu dengan baik, seperti penghargaan untuk mengadakan piknik bersama jika anak mampu membaca Al-Quran dengan lancar. Kamu juga diperkenankan memberikan konsekuensi yang bermanfaat jika anak melakukan kesalahan, misalnya menyuruh anak untuk membantu kamu membersihkan tempat tidurnya jika anak mengotori rumah, dan sebagainya. Pemberian konsekuensi akan membuatnya membedakan mana hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dan tentu saja, gunakan cara yang mendidik tanpa membentak mereka.

Motivasi sukses masa depan dengan membentuk karakter anak akan membuat kamu menjadi orang tua yang handal. kamu juga akan memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara, karena bukan tidak mungkin dari cara asuhmu, anak-anakmu akan menjadi seseorang yang hebat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here