Home Blog MOTIVASI SUKSES MARKETING

MOTIVASI SUKSES MARKETING

20
0
SHARE

Motivasi Sukses Marketing – Menjadi seorang marketing adalah tantangan. Seorang marketing harus bisa menarik perhatian pelanggan, harus bisa menjelaskan secara detail bagaimana kondisi barang yang ditawarkan kepada konsumen, yang paling berat adalah jujur untuk mengungkapkan kelemahan barang dagangan dengan tidak mengurangi minat konsumen untuk menjadi pelanggan perusahaan.

Untuk itu, marketing memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan. Sebab seorang marketing berfungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan, dan memperbanyak konsumen serta marketing juga harus bisa menguasai pasar.

Sementara, seorang karyawan pasti memiliki titik jenuh yang membuat semangat kerjanya menurun. Oleh sebab itu seorang marketing pun harus mendapatkan sebuah motivasi dengan salah satu materinya yaitu motivasi sukses marketing. Di dalam kegiatan motivasi sukses marketing terdapat beberapa hal yang akan disampaikan, salah satunya adalah cara untuk menjadi seorang marketing yang sukses.

  1. Membuat strategi dan siapa target konsumen;

Strategi yang dapat menarik hati pelanggan salah satunya adalah dengan cara mengadakan sebuah kegiatan promosi dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus-bonus yang menarik jika konsumen melakukan pembelian di atas rata-rata, dan lain sebagainya.

Selain itu, seorang marketing harus bisa menentukan target dan segmentasi pasar diantara produk dan konsumen. Produk A cocok untuk konsumen dengan usia berapa, karakter yang seperti apa, dan lain sebagainya.

  1. Dapat menguasai product knowledge;

Untuk dapat meyakinkan konsumen, seorang marketing harus memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang produk yang ditawarkan, termasuk memaparkan kelebihan dan kelemahannya. Menjadi seorang marketing harus jujur, jadi selain kelebihan, kelemahan pun harus terbahas dalam proses promosi.

  1. Memahami karakteristik konsumen;

Ketika ingin menawarkan produk, seorang marketing harus bisa membaca karakter konsumen, sehingga tidak akan salah berbicara atau salah teknik untuk menawarkannya. Sekali lagi, pastikan bahwa seorang marketing sudah menentukan target konsumen yang tepat dengan produk yang akan ditawarkan.

  1. Membangun dan memperluas jaringan bisnis serta pertemanan;

Memiliki jaringan bisnis dan pertemanan sangat penting untuk seorang marketing. Dengan banyak teman dan partner bisnis, maka seorang marketing akan mudah untuk menawarkan produk yang akan dipromosikannya itu. Selain itu, akan banyak yang membantu pekerjaan marketing untuk memasarkan produk walaupun hanya dari mulut ke mulut.

  1. Perhatikan respon konsumen;

Pasti dalam memasarkan produk, seorang marketing akan menerima banyak respon yang berbeda-beda dari konsumen. Di sinilah ilmu komunikasi sangat perlu dimiliki oleh seorang marketing. Supaya dengan kondisi apapun, marketing akan bisa mengantisipasinya.

  1. Pantang menyerah;

Tantangan dan hambatan akan sangat besar dirasakan oleh seorang marketing. Karena seorang marketing langsung menghadapi karakter masyarakat yang berbeda-beda. Untuk itu, marketing harus tahan banting dan pantang menyerah. Kalau marketing cepat menyerah, kapan produk itu akan dipromosikan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here