Home Blog MOTIVASI SESEORANG YANG MEMILIKI JIWA KEWIRAUSAHAAN

MOTIVASI SESEORANG YANG MEMILIKI JIWA KEWIRAUSAHAAN

3
0
SHARE

Motivasi Seseorang yang Memiliki Jiwa Kewirausahaan – Jiwa kewirausahaan merupakan hal yang sebenarnya harus selalu ditanamkan di benak semua orang. Mengapa? Karena saat ini, kita hidup di zaman moderen, di mana kecerdasan dan nilai sekolah atau kuliah, tidak akan mampu menjadi penentu utama seseorang untuk masuk di perusahaan, baik itu perusahaan milik pemerintah maupun milik swasta.

Lantas, bagaimana jika banyak orang tua bahkan masih menginginkan anaknya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, pegawai bank, atau karyawan kantor lainnya? Percaya atau tidak, fenomena semacam itu masih sering terjadi. Padahal seharusnya orang tua adalah penggerak utama, di mana bertugas menanamkan jiwa kewirausahaan bagi anak sejak dini. Selanjutnya, tugas kita sebagai orang tua atau calon orang tua moderen untuk mendorong anak memiliki jiwa kewirausahaan.

Mau tahu, tips untuk mendapatkan motivasi seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan dan menularkannya kepada anak kita? Berikut ini ulasannya.

  1. Biarkan anak berkreasi;

Sering kali ketika anak berkreasi dengan melakukan hal-hal baru. Kreativitas merupakan modal utama anak untuk memiliki jiwa kewirausahaan, lho. Sebagai orang tua moderen, sudah tugas kita untuk mewadahi kreativitas mereka dan mendorong penuh apa yang ingin mereka lakukan, tentu saja tidak terlepas dari kontrol kita.

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri kepada mereka;

Sebelum mereka dewasa, berikan suntikan kepercayaan diri kepada mereka. Jangan hanya memarahi dan menghukum ketika nilai ujian anak kita buruk. Sebaliknya, evaluasi apa yang terjadi kepada mereka, lantas memberikan suntikan kepercayaan diri bahwa mereka pasti bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan belajar hal-hal lain di luar sekolah. Karena kesuksesan bukan hanya ditentukan dari lingkungan sekolah saja.

  1. Ajarkan anak tanggung jawab dan jiwa kepemimpinan;

Cara ketika untuk memberikan motivasi kepada anak agar memiliki jiwa kewirausahaan adalah mengajarkan anak soal tanggung jawab dan jiwa kepemimpinan. Cara pertama adalah memberikan mereka tanggung jawab untuk menyelesaikan semua tugasnya tepat waktu. Selain itu, kita juga dapat mendorong mereka untuk mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang secara tidak langsung akan membentuk jiwa kepemimpinannya.

Selain beberapa motivasi seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan di atas, hal yang juga tak kalah penting adalah menjadikan diri kita sebagai contoh bagi anak. Caranya tentu saja dengan memanfaatkan minat dan bakat yang ada pada diri kita menjadi suatu hal yang memiliki nilai jual, dan membuat diri kita menjadi seorang wirausaha meskipun masih dalam taraf kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here