Home Blog MOTIVASI PUASA UNTUK ANAK-ANAK

MOTIVASI PUASA UNTUK ANAK-ANAK

46
0
SHARE

Motivasi Puasa untuk Anak-Anak – Bulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan bulan penuh kebahagiaan. Bagaimana tidak, di bulan ini kita diberikan banyak sekali ladang pahala yang dapat kita peroleh dengan mudah. Pada Bulan Ramadhan, akan ada banyak kegiatan yang dapat kita isi dengan berbagai macam perbuatan baik, dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Karena pada Bulan Ramadhan, umat Islam baik laki-laki maupun perempuan yang mampu dan memenuhi syarat rukun puasa, wajib hukumnya untuk menjalankan puasa.

Meskipun yang diwajibkan berpuasa adalah muslim dan muslimah yang sudah dewasa, tetapi kita sebagai orang tua atau kakak juga wajib, lho, memberikan motivasi puasa untuk anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Lantas, apa saja, sih, yang dapat kita lakukan untuk memberikan teladan kepada anak-anak agar memiliki semangat tinggi dalam berpuasa, ditambah menjalankan ibadah? Berikut ini ulasannya.

  1. Menjelaskan apa itu puasa kepada anak dengan cara yang menyenangkan;

Tips pertama untuk memberikan motivasi puasa untuk anak adalah menjelaskan makna puasa dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, dengan menggunakan media seperti buku-buku bacaan yang full colour, film-film kartun yang disukai anak, kemudian kita bisa memberikan penjelasan tambahan sampai anak merasa bahwa puasa Ramadhan bagi umat Islam merupakan kewajiban. Sehingga mereka akan tertarik untuk segera belajar puasa.

  1. Merangkul dan membantu mereka untuk belajar berpuasa dengan menciptakan suasana puasa yang menyenangkan;

Cara kedua yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk memberikan suntikan motivasi kepada anak agar semangat puasa, adalah dengan membantu menciptakan suasana puasa yang menyenangkan. Merangkul mereka untuk belajar berpuasa dengan kondisi yang akan mereka rindukan. Misalnya melalui makan sahur yang tidak terburu-buru, suasana buka puasa yang menyenangkan dengan menu istimewa, dan sebagainya.

  1. Jangan paksa mereka untuk langsung berpuasa secara penuh;

Seiring dengan proses pembelajaran puasa bagi anak-anak, kita sebagai orang tua jangan sampai memaksa mereka untuk melanjutkan puasa sampai penuh. Pada hari-hari pertama, berikan mereka kelonggaran untuk puasa hingga siang hari atau semampu mereka, kemudian ciptakan motivasi dan suasana yang mendukung mereka agar kuat berpuasa sampai magrib. Berikan apresiasi jika mereka memang benar-benar kuat menjalankan puasa hingga waktunya tiba. Dengan begitu, anak akan berlatih dengan cara yang menarik hati mereka.

Motivasi puasa untuk anak-anak adalah satu hal yang patut kita berikan kepada mereka. Dengan kesabaran dan ketelatenan, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi penerus agama yang dapat dibanggakan di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here