Home Blog MOTIVASI MEMILIKI RASA MALU

MOTIVASI MEMILIKI RASA MALU

3
0
SHARE

Motivasi Memiliki Rasa Malu – Pada dasarnya, negara Indonesia yang mengadopsi budaya timur harus tetap menjaga rasa malu sebagai ciri khas utama bangsa. Tetapi, coba kita lihat di sekitar kita. Semakin hari, kian banyak orang Indonesia yang mencederai budaya malu tersebut dengan tindakan amoral dan asusila, yang mudah kita temukan di lingkungan sekitar. Contoh kecilnya adalah anak-anak usia sekolah dasar yang sudah mulai mengenal istilah pacaran, bahkan sudah memiliki seseorang yang mereka sebut pacar. Memprihatinkan sekali, bukan? Untuk itu, sebaiknya kita harus selalu mendapat motivasi memiliki rasa malu.

Motivasi memiliki rasa malu harus kita punyai dan kita tanamkan pada pola pikir kita mulai sekarang. Karena rasa malu bukan hanya sebuah budaya yang harus dilestarikan, lebih daripada itu, rasa malu akan membawa kita pada tindakan yang selalu sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku.

Mau tahu manfaat lain jika kita memiliki rasa malu? Berikut ini ulasannya.

  1. Tidak akan kehilangan iman kepada agama;

Dalam ajaran Islam sendiri, Nabi Muhammad pernah bersabda, “Rasa malu dan iman keduanya adalah sejalan.” (HR. Tirmidzi). Hal ini berarti kita harus selalu mendapatkan motivasi memiliki rasa malu untuk mengontrol keimanan kita. Karena apabila kita lupa untuk bersikap malu, maka hal tersebut sama halnya membuat kita kehilangan kepercayaan terhadap agama.

  1. Akan memperkokoh pondasi hidup;

Kehilangan rasa malu akan membuat kita melakukan apa pun untuk menyenangkan hati kita. Termasuk melakukan sesuatu yang dilarang agama, adat, maupun aturan lainnya. Kalau sampai kita melanggar berbagai macam aturan tersebut, tinggal tunggu waktu saja, kita akan meruntuhkan pondasi hidup yang dengan susah payah kita bangun.

  1. Disegani orang lain;

Memiliki citra diri di hadapan orang lain, bukanlah sesuatu yang harus dibangun dengan susah payah. Disegani orang lain pada dasarnya memiliki konsep sangat sederhana. Dengan mengedepankan rasa malu untuk melakukan tindakan tidak terpuji saja akan mendorong orang lain untuk menaruh simpati terhadap kita.

  1. Memiliki banyak relasi;

Jika seseorang kehilangan rasa malu untuk melakukan tindakan yang amoral, secara otomatis tidak akan ada orang yang menyukai tindakannya tersebut. Akibatnya, dia akan kehilangan relasi yang sebenarnya bisa saja menjadi jalan rezeki untuknya.

Rasa malu melakukan tindakan tidak terpuji, sebaiknya tidak hanya kita berlakukan untuk diri sendiri, tetapi juga orang sekitar. Ajarkan orang di sekitar kita, misalnya keluarga dan teman-teman untuk meningkatkan motivasi memiliki rasa malu, agar Indonesia menjadi bangsa yang kembali mengutamakan rasa malu di atas segalanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here