Home Blog MOTIVASI INDONESIA

MOTIVASI INDONESIA

39
0
SHARE

Motivasi Indonesia – Hidup yang semakin dinamis menyebabkan jumlah angkatan kerja di Indonesia yang kian kontras dengan peluang kerja dan lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan yang semakin menyempit tersebut berdampak pada angka pengangguran di Indonesia yang kian meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, motivasi Indonesia selanjutnya adalah menciptakan pola pikir generasi muda khususnya, dan masyarakat pada umumnya, untuk menjalankan usaha sendiri. Hal itu dapat dibuktikan melalui pernyataan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang mendorong generasi muda untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan menghilangkan pemikiran kolot yang menyatakan bahwa setelah lulus kuliah, seseorang harus menjadi pegawai.

Menciptakan lapangan pekerjaan, selain bekerja untuk diri sendiri, juga dapat memberikan kesempatan bekerja kepada orang lain. Meskipun merintis usaha tidak mudah, tetapi dengan kesungguhan dan niat baik, Allah pasti akan selalu memberikan jalan dan kemudahan bagi Anda.

Lalu, apa saja manfaat membuka usaha sendiri, demi mengamini motivasi Indonesia untuk menciptakan individu-individu kreatif, dan mandiri tanpa harus bingung mencari pekerjaan?

Berikut ini ulasannya :

  1. Anda merupakan bos bagi diri Anda sendiri;

Menjadi seorang pengusaha, katakanlah meskipun usaha Anda masih dalam taraf UKM (Usaha Kecil Menengah), profit masih pas-pasan, bahkan masih belum memiliki karyawan, tetapi Anda merupakan bos di dalam pekerjaan Anda. Berbeda dengan bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Seberapa tinggi pun jabatan Anda, seberapa besar pun gaji Anda, Anda tetaplah seorang bawahan.

  1. Melatih jiwa wirausaha yang bermental baja;

Seorang pengusaha, bukan merupakan pekerjaan ecek-ecek yang mudah dijalankan. Anda membutuhkan kesabaran dan konsistensi tinggi untuk menjalankannya. Jika Anda berhasil bertahan dengan usaha yang Anda jalankan, maka seiring berjalannya waktu, mental baja wirausaha akan terbentuk dari dalam diri Anda. Jika usaha yang Anda jalankan berhasil, bukan tidak mungkin kelak Anda akan menjadi seorang entrepreneur yang sukses dan dapat menginspirasi banyak orang.

  1. Membentuk jiwa kemandirian;

Mewujudkan motivasi Indonesia untuk menjadi seorang pengusaha juga membentuk jiwa kemandirian bagi Anda. Ingatlah Anda merupakan owner dan bos bagi usaha yang Anda jalankan, itu artinya keberlangsungan usaha Anda berarti sepenuhnya berada di tangan Anda sendiri dan tidak bergantung kepada pihak lain. Jika Anda malas melakukan inovasi terhadap usaha Anda, itu artinya Anda juga tidak perlu bermimpi terlalu tinggi terhadap kesuksesan Anda dalam usaha yang Anda jalankan.

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitar Anda;

Jika usaha yang Anda jalankan masih tahap UKM, Anda bisa merekrut orang-orang di sekita Anda sebagai karyawan. Dengan begitu, berarti Anda sudah berkontribusi dalam pengentasan pengangguran mulai dari lingkungan sekitar Anda. Baru setelah usaha Anda semakin sukses dan membutuhkan karyawan yang lebih profesional, Anda bisa melakukan perekrutan pegawai yang berasal dari lingkungan yang lebih luas lagi.

  1. Semua keuntungan atau laba sepenuhnya menjadi wewenang kita;

Jika bekerja di suatu perusahaan atau instansi, Anda hanya akan mendapatkan hak berupa gaji sesuai dengan aturan yang ditetapkan pihak perusahaan, berbeda halnya dengan menjadi seorang pengusaha, di mana semua keuntungan sepenuhnya Anda yang berwenang mengelolanya.

  1. Waktu yang lebih banyak dengan keluarga;

Karena Anda tidak terikat dengan perusahaan, itu artinya pengelolaan waktu juga sepenuhnya berada di tangan Anda. Anda dapat memberikan waktu yang lebih bagi keluarga, karena tidak harus terpatri pada jam kantor.

Motivasi Indonesia menjadikan anak bangsa sebagai seorang pengusaha, juga sudah dibuktikan dengan berbagai aturan yang memudahkan anak bangsa dalam menjalankan usahanya, seperti permodalan dengan KUR (Kredit Usaha Rakyat), dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here