Home Blog MOTIVASI DIRI MENURUT PARA AHLI

MOTIVASI DIRI MENURUT PARA AHLI

52
0
SHARE

Motivasi Diri Menurut Para Ahli – Terkadang, kita mengetahui sesuatu hanya karena suatu hal tersebut umum dibicarakan oleh banyak orang, tercantum dalam tulisan-tulisan yang telah dipublikasikan, tanpa kita ketahui asal muasal dari adanya hal tersebut. Padahal sebenarnya, setiap hal yang merupakan ilmu di dunia ini, selalu ada teori yang mendasari keberadaannya dalam kehidupan kita. Begitupun dengan motivasi.

Teori mengenai motivasi sangat beragam; dan tentu saja setiap ahli memiliki pandangan dan persepsi masing-masing perihal motivasi diri dalam kehidupan manusia. Berikut ini admin paparkan beberapa teori mengenai motivasi diri menurut para ahli:

  1. Teori Motivasi MC Clelland;

Ada satu konsep penting dalam teori motivasi ini, yakni motivasi prestasi. Motivasi prestasi adalah motivasi yang ada pada kekuatan dalam diri manusia. Menurut MC Clelland, individu dapat memiliki motivasi jika memang dirinya mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari orang lain.

3 hal yang dijelaskan dalam teori ini adalah dengan terdapatnya kebutuhan pada diri manusia terkair dengan motivasi prestasi tersebut; yakni kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi, dan kebutuhan kekuasaan. 3 kebutuhan itulah yang pada akhirnya menggerakkan individu untuk menjalani hal yang bisa mencapai tujuannya; yakni sebagai seseorang yang berprestasi.

  1. Teori Motivasi Herzberg;

Dalam teori ini, Herzberg menjelaskan bahwa seorang manajer bisa mengendalikan faktor-faktor yang dapat memberikan kepuasan kerja atau tidak. Berdasarkan penelitian terkait yang telah dilakukan, dua kelompok faktor dari sumber kepuasan tersebut dapat mempengaruhi individu dalam organisasi, yakni motivasi. Motivasi disini diinterpretasikan sebagai faktor dari kepuasan kerja seperti prestasi, tanggung jawab, dan penghargaan.

Teori motivasi diri menurut para ahli sebetulnya sangat banyak, tetapi dua dari teori para ahli ini sudah bisa mewakili dan membuat kita bisa mengambil garis besar; bahwa ternyata motivasi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia dalam aspek apapun. Dan yang tak kalah pentingnya, motivasi terkuat dalam hidup kita selalu berasal dari diri kita sendiri. Karena kita lah yang menentukan apakah motivasi itu bisa berlaku dalam kehidupan kita atau tidak. Nah, dari sini apakah kalian sudah lebih paham mengenai teori motivasi diri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here