Home Blog MOTIVASI DIRI KETIKA SEDIH

MOTIVASI DIRI KETIKA SEDIH

9
0
SHARE

Motivasi Diri Ketika Sedih – Mengapa harus ada kesedihan? Bukankah kebahagiaan adalah satu hal indah yang membuat kehidupan semua orang damai dan selalu diliputi keceriaan. Mengapa harus bersedih, jika bahagia akan membawa kita pada kepada ketenangan hati.

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu sering kali kita hadapi, bukan hanya orang lain saja, tetapi juga diri kita sendiri. Padahal, kesedihan yang melanda adalah proses menuju kebahagiaan yang sejati. Kebahagiaan yang datang dari sebuah proses akan membuatnya menjadi semakin memiliki arti. Lantas, kesedihan merupakan bumbu penyedap yang membuat kebahagiaan kelak menjadi semakin sedap.

Motivasi diri ketika sedih adalah upaya yang mendorong diri kita untuk selalu kuat menghadapi berbagai macam halangan dan rintangan, serta kematangan menuju kebahagiaan tersebut. Ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk memberikan motivasi diri ketika sedih, lantas bagaimana caranya?

  1. Peluklah kesedihan;

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk menaklukan kesedihan adalah memeluk kesedihan tersebut. Lari dari sebuah kesedihan akan membuat kita semakin diliputi kesedihan yang semakin menjadikan kita terpuruk. Kesedihan yang datang bukan untuk dimusuhi, tetapi justru untuk dapat menjadi teman bagi kita. Bagaimana  cara memeluk kesedihan? Caranya adalah dengan memberikan waktu untuk menyelesaikan kesedihan tersebut, baik dengan menangis, konsultasi dengan kerabat dan orang tua, dan berbagai cara lainnya. Setelah cukup waktu, kita harus segera bangkit kembali tanpa melupakan kesedihan yang sudah kita tinggalkan, tetapi menjadikannya pelajaran berharga agar kita dapat melangkah lebih percaya diri ke depannya.

  1. Berkomunikasilah;

Motivasi diri ketika sedih selanjutnya adalah berkomunikasi. Setelah memberikan waktu kepada diri kita sendiri untuk menyelesaikan kesedihan seperti pada poin pertama, poin selanjutnya adalah berkomunikasi. Ketika sedih, kita harus rajin berkomunikasi dengan siapa saja, dengan Allah, dengan orang tua, dengan saudara, juga dengan diri kita sendiri. Berkomunikasi akan membuka pintu gerbang menuju kebahagiaan. Kita dapat membahas apa saja yang meringankan beban kita, baik itu meminta nasihat, solusi, dan lain sebagainya.

  1. Berdamai dengan masalah yang membuat kita sedih;

Langkah selanjutnya yang patut kita lakukan untuk menumbuhkan motivasi diri ketika sedih adalah berdamai dengan permasalahan yang membuat kita sedih. Kita dapat mulai memperbaiki diri dan berani meminta maaf atau memaafkan orang lain, yang membuat kita berada dalam masalah tersebut. Hal ini penting untuk membuat kita menjadi pribadi yang berpikiran positif serta mampu menjadi seorang yang bijak.

Motivasi diri ketika sedih juga dapat kita berikan bukan hanya kepada diri kita sendiri tetapi orang lain di sekitar kita yang sedang sedih. Dengan begitu, kita akan semakin mudah belajar bersama orang lain untuk membentuk karakter manusia yang baik bersama-sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here