Home Blog MOTIVASI DIRI KETIKA DOWN

MOTIVASI DIRI KETIKA DOWN

77
0
SHARE

Motivasi Diri Ketika Down Down atau terpuruk adalah kondisi yang umum terjadi ketika kamu beranjak dewasa. Dulu ketika masih anak-anak, kamu sering membayangkan jika menjadi orang dewasa itu mengasyikkan. Padahal faktanya, menjadi dewasa artinya juga harus siap menemui berbagai macam cobaan hidup agar bisa naik level. Keterpurukan yang teramat dalam, sering kali membuatmu kehilangan semangat hidup. Padahal, jika menguntai benang merah dari setiap permasalahan, terpuruk yang terlalu berlarut-larut justru akan merugikan dirimu sendiri. Motivasi diri ketika down atau terpuruk akan membantu menopang hidupmu dengan membangkitkan kembali semangat dalam jiwamu.

Mau tahu apa saja yang dapat kamu lakukan? Berikut ini jawabannya.

  1. Ubah pola pikirmu soal kekecewaan dan rasa sakit;

Motivasi diri ketika down yang pertama adalah ubah pola pikirmu mengenai kekecewaan dan rasa sakit. Jika selama ini kamu beranggapan bahwa kecewa dan rasa sakit itu merupakan momok bagi hidupmu, maka ubahlah pandangan dan pemikiran tersebut menjadi kekecewaan dan rasa sakit adalah sebuah pembelajaran hidup yang akan membuatmu menjadi semakin dewasa. Dengan begitu, kamu akan memahami bahwa sebenarnya rasa sakit terjadi tujuannya adalah membuat kedewasaanmu semakin meningkat.

  1. Jangan sering berpikir negatif;

Jika selama ini setelah mengalami kekecewaan dan kegagalan kamu selain berpikir negatif, maka buang jauh-jauh anggapan tersebut. Kegagalan tidak selamanya akan berdampak terlalu buruk bagi dirimu. Dengan terlalu sering berpikir negatif, kamu justru sedang menanam benih kegagalan selanjutnya. Oleh sebab itu, setelah mengalami kegagalan dan down, kamu harus segera bangkit dan membuang pikiran negatif, serta menggantinya dengan pikiran positif.

  1. Jangan menyalahkan keadaan dan orang lain;

Untuk kembali bersemangat menjalankan kehidupan, setelah gagal dan down, kamu harus mau instrospeksi diri. Jangan melulu menyalahkan keadaan dan orang lain. Bisa saja apa yang terjadi padamu, merupakan kesalahanmu sendiri. Dengan introspeksi, kamu akan menjadi pribadi yang semakin berpikir positif dan mampu membawa dirimu dalam segala kondisi dan suasana dengan baik.

  1. Jangan kufur nikmat;

Poin lainnya yang tidak boleh kamu lupakan begitu saja adalah jangan sekali pun kufur nikmat atas apa yang diberikan Allah kepadamu. Pandailah bersyukur dan memahami bahwa Allah adalah sang pencipta yang selalu ada untukmu.

Motivasi diri ketika down di atas, harus selalu kamu ingat sepanjang waktu. Karena kegagalan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari sampai kapan pun, tetapi harus kamu hadapi dengan berani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here