Home Cerita Inspirasi MOTIVASI DIRI ISLAMI

MOTIVASI DIRI ISLAMI

1387
1
SHARE

MOTIVASI DIRI ISLAMI

Pasti istilah motivasi sudah tidak asing lagi untuk anda dengar. Istilah motivasi itu sendiri adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar seseorang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga dapat diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Banyak orang yang memerlukan motivasi, yaitu dari anak-anak sampai orang dewasa membutuhkan motivasi-motivasi untuk membangkitkan semangat mereka. Motivasi mampu memberikan efek positif dalam perkembangan kepribadian, akademis, maupun keterampilan pada seseorang. Karena dengan adanya motivasi seseorang tersebut merasa sangat dihargai keberadaannya.

MOTIVASI DIRI ISLAMI
MOTIVASI DIRI ISLAMI

Namun bagaimana sih cara motivasi diri islami? Caranya mudah kok. Pertama, anda harus ingat bahwa anda diciptakan oleh Allah untuk beribadah. Maka ketika anda ingin melakukan sebuah pencapaian maka anda harus niatkan semua itu untuk mengharap ridho Allah dan hanya untuk beribadah kepada-Nya. Dengan begitu apapun yang akan anda lakukan akan terasa mudah. Kedua, tanamkan kata-kata motivasi diri islami dalam diri anda. Karena dengan motivasi dari dalam diri sendiri itu akan lebih baik dari pada motivasi yang diberikan dari luar diri anda. Adapun cara motivasi diri islami yang ketiga yaitu, dengan perbuatan atau tindakan secara bertahap dan optimal dalam mencapai segala sesuatu yang anda inginkan.

Ingat! Dari cara motivasi diri islami tersebut ketika anda telah melakukannya dengan sangat maksimal, tetapi hasil yang anda peroleh tidak seperti yang anda inginkan. Maka anda tidak boleh patah semangat apalagi anda berprasangka buruk kepada Allah. Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk hambanya. Mungkin saja Allah sedang menunjukkan jalan atau cara lain untuk anda yang ingin menggapai tujuannya itu.  Dan jadikanlah kegagalan itu sebagai penyemangat diri islami, bukan sebagai musibah yang akan mencelakakan anda.

Dorongan diri islami memang tidaklah mudah. Tetapi apakah dengan kesulitan tersebut akan membuat anda menyerah begitu saja. Lalu jika anda menyerah, apakah Allah akan senang? Tentu jawabannya tidak, karena Allah menyukai hamba yang memiliki semangat baja, walaupun dia merasa kemampuannya tidak begitu kuat. Tapi Allah itu menilai proses bukan menilai sebuah hasil dari apa yang kita capai. So, tetaplah semangat untuk mencapai ridho Allah, karena setiap apa yang kita lakukan dengan ridho Allah, maka akan dinilai sebagai ibadah.

1 COMMENT

  1. […] Kata motivasi islami mampu membuat anak akan lebih mengenal agama islam seperti apa. Sampaikanlah secara bahasa yang mudah dimengerti dan bisa diterima oleh anak-anak. Pada saat anak-anak akan lebih mudah mengingat dan ingatannya sangat lam, karena pada saat itulah anak harus sering diberikan pengetahuan yang baik untuk bekal hidupnya nanti. Begitu pentingnya sebuah kata semangat islami untuk anak-anak, karena semua karakter anak pada saat dewas dibentuk pada saat dia masih kecil, disitulah anda sebagai orang dewasa yang bisa membantunya untuk menjadi manusia yang berguna baik untuk agam, bangsa dan negaranya. Jangan pernah melarang anak untuk terus mencari tahu seperti apa dunia diluar tapi berilah batas dan aturan agar dia tetap pada jalur yang dharapkan oleh anda sebagai orang dewasa. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here