Home Blog MOTIVASI DIRI DARI AYAT AL QURAN

MOTIVASI DIRI DARI AYAT AL QURAN

55
0
SHARE

Motivasi Diri dari Ayat Al Quran – Islam adalah agama yang secara lengkap mengatur kehidupan umatNya. Setiap hal dalam kehidupan ini sudah ditata sedemikian rupa oleh Allah dalam Al Quran, dan setiap umat Islam wajib untuk mempelajari dan mengamalkan apa yang ada di dalam Al Quran. Sebagaimana kita ketahui, bahwa Al Quran merupakan pedoman bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan; karena di dalamnya sudah terdapat secara lengkap hal apapun yang dibutuhkan oleh umat manusia.

Motivasi diri dari ayat Al Quran juga sangat banyak. Bahkan, beberapa kata motivasi dan penyemangat hidup sering diambil dari kutipan ayat Al Quran, yang tentu saja sangat sesuai dengan apa yang kita alami dalam hidup. Berikut ini beberapa motivasi diri dari ayat Al Quran yang sangat umum kita ketahui. Semoga dari sini kita terus termotivasi untuk selalu menjadi seseorang yang lebih baik setiap harinya.

  1. “Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak.” – QS. An-Nisa: 100

Setiap orang yang meniatkan diri untuk berhijrah di jalan Allah; seperti, menuntut ilmu, mempelajari ilmu agama, mendatangi majelis ilmu, bekerja untuk menafkahi keluarga, berkarya untuk menginspirasi orang lain ke arah yang lebih baik, akan selalu mendapatkan ridha Allah. Segala sesuatu yang diniatkan karena Allah, sesungguhnya tidak akan sia-sia.

Boleh jadi kita kehilangan banyak hal ketika memutuskan untuk berhijrah menjadi seseorang yang lebih baik; contohnya seseorang yang awalnya memiliki harta melimpah karena bekerja di tempat yang tidak jelas halal-haramnya, ketika memutuskan untuk berhijrah dan semata-mata mencari rizki karena Allah, maka yang hilang dari kita akan diganti keberkahan oleh Allah. Kita boleh kehilangan apapun di dunia ini, asal jangan kehilangan Allah.

Maka, jangan pernah menyesal karena berhijrah ke arah yang lebih baik, sebab Allah telah menjanjikan balasan yang terbaik dariNya.

  1. “Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu, tetapi ia baik bagimu; dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu. Sesungguhnya Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui.” – QS. Al Baqarah: 216

Seringkali, ketika kita menyukai sesuatu, kita kehilangan sesuatu itu. Ketika kita menganggap apa yang kita suka itu baik bagi kita dan merupakan hal yang kita butuhkan, ternyata Allah mengambilnya dari kita. Pun ketika kita membenci suatu hal, menganggap itu tidak baik bagi kita, ternyata justru Allah dekatkan. Begitulah, Allah Maha Tahu apa yang tidak kita ketahui, sebab Allah telah menetapkan apa-apa yang terbaik bagi kita.

Ketika kita kehilangan sesuatu, padahal kita sangat menyukai sesuatu itu, janganlah dulu berburuk sangka. Barangkali lewat kehilangan itu, kita sedang diajari Allah untuk menjadi seseorang yang lebih baik, kita diajari untuk bersabar dan menerima ketetapan Allah, yang nantinya akan diganti dengan yang terbaik versi Allah. Maka, jangan sok tahu, sebab ada yang lebih tahu dari kita, yakni Allah. Serahkan segalanya kepada Allah, maka kita tidak akan merisaukan apapun di dunia ini.

Itulah 2 motivasi diri dari ayat Al Quran yang sering kita baca. Dan semoga dengan penjelasan ini, kita semakin memahami makna motivasi dari ayat Al Quran tersebut. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here