Home Blog MOTIVASI DIRI CARA ISLAM

MOTIVASI DIRI CARA ISLAM

3
0
SHARE

Motivasi Diri Cara Islam – Islam memandang segala sesuatu mutlak selalu diperlakukan dengan baik. Sebagai umat Islam, bukan hanya kepada sesama manusia saja, Islam bahkan sudah memerintahkan umatnya untuk menyayangi binatang.

Motivasi diri cara Islam dengan peduli pada binatang juga sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang menunjukan kecintaannya kepada kucing. Selain itu, Nabi Muhammad pun juga sudah memperlihatkan bukti cintanya kepada binatang melalui berbagai macam hadits. Berikut ini hadits-hadits nabi Muhammad yang memperlihatkan betapa berharganya binatang untuk umat manusia.

  1. Tidak ingin membangunkan kucing yang sedang tidur;

Motivasi diri cara Islam menyayangi binatang dengan menyimak kisah Nabi Muhammad yang pertama, adalah ketika Nabi Muhammad akan mengambil jubah, dan melihat ada seekor kucing sedang bergelung di lengan jubah itu. Nabi bahkan rela mengambil alat pemotong kain, kemudian memotong bagian lengan jubah tersebut untuk tidak membangunkan kucing tersebut.

  1. Memberikan hak kepada binatang untuk makan dan tidak menyakitinya;

Nabi Muhammad pernah bersabda dalam hadits shahih Muslim yang artinya, “Ketika kamu melakukan perjalanan melalui sebuah daerah yang subur, maka perlambatlah agar unta-untamu sempat makan rumput. Dan jika kamu melewati sebuah wilayah yang tandus dan kering, percepatlah langkahmu untuk menyedikitkan rasa lapar yang menimpa binatang-binatang itu.”

Selain itu, dalam hadits nabi yang diriwayatkan oleh Abu Abd al-Rahman Ahmad ibn Syuayb al-Nasai yang artinya, “Barang siapa membunuh (bahkan) seekor burung pipit atau binatang-binatang yang lebih kecil lagi tanpa ada hak untuk melakukannya, maka Allah akan meminta pertanggungjawaban orang itu kelak.”

Makna dari hadits tersebut menunjukan bahwa Nabi Muhammad tidak hanya memanfaatkan tenaga dari binatang, tetapi juga amat memperhatikan kenyamanan dan hak binatang tersebut.

  1. Ketika menyembelih binatang;

Pada dasarnya, semua makhluk hidup akan mati. Khusus bagi hewan-hewan yang dapat dimanfaatkan dagingnya, selain untuk memberikan pemenuhan gizi kepada masyarakat, hewan yang mati dengan cara disembelih sesuai syariat Islam, juga akan mendapatkan keistimewaan dari Allah. Nabi Muhammad pun sudah mengatur bagaimana caranya agar hewan tersebut segera mati serta tidak terlalu lama mengalami kesakitan, tertuang dalam hadits shahih Muslim yang artinya, “Allah menyuruh kita agar terampil dalam segala hal. Sehingga jika kamu membunuh, maka bunuhlah dengan baik; dan jika kamu menyembelih binatang, maka lakukanlah dengan baik. Tajamkanlah mata pisaumu agar dapat meringankan penderitaan binatang yang kamu sembelih.”

Jadi, sudah jelas bukan, kamu sebagai umat Islam harus selalu mendapatkan motivasi diri cara Islam menyayangi binatang dengan ketulusan, dan penuh kasih sayang sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here