Home Blog MOTIVASI DIRI ADALAH

MOTIVASI DIRI ADALAH

47
0
SHARE

Motivasi Diri adalah – Untuk menjalani kehidupan, kamu harus selalu memiliki sebuah angan-angan atau cita-cita masa depan demi membangkitkan gairah hidupmu. Untuk mendapatkan itu semua, kamu perlu memberikan motivasi kepada dirimu sendiri agar selalu melangkah, dan berada di jalur positif untuk menggapai sukses tersebut. Motivasi diri adalah bagaimana cara kamu menunjukkan kepada dirimu sendiri seberapa tergerakkah kamu untuk meraih sebuah keberhasilan.

Motivasi diri adalah caramu meneguhkan diri agar selalu siap menghadapi berbagai macam halangan yang pasti akan kamu temukan. Ada berbagai macam faktor untuk mendapatkan motivasi diri, salah satunya adalah faktor lingkungan masyarakat. Mengapa faktor lingkungan? Jawabannya adalah karena manusia adalah makhluk sosial, di mana setiap tindak-tanduk yang dilakukan selalu dalam kontrol sosial dan masyarakat. Ada yang berpandangan positif terhadap tindakan yang kamu lakukan, banyak juga yang berpandangan negatif.

Motivasi diri adalah bagaimana cara kamu menyikapi pendapat mereka dengan bijak. Berikut ini beberapa tahapnya:

  1. Fokus pada tujuan;

Hal utama yang patut kamu lakukan, adalah membuat tujuan yang jelas mau jadi apa kamu nanti. Jika kamu sudah fokus dan memahami tujuan tersebut, kamu akan cenderung lebih mudah mengesampingkan komentar dan pendapat orang. Fokus pada tujuan juga memberikan pembuktian bahwa motivasi diri adalah suatu hal yang perlu dilakukan, terlepas dari bagaimana pendapat orang lain.

  1. Tidak selalu menjawab pertanyaan mereka;

Orang lain selalu ingin tahu apa yang kamu lakukan, bukan sepenuhnya karena mereka peduli, terlepas dari itu semua, banyak orang yang hanya ingin tahu tentang hidupmu karena mereka sedang mencari bahan hiburan semata. Dengan tidak selalu menjawab apa yang mereka pertanyakan, akan membuatmu lebih tenang ketimbang memberikan pembelaan yang belum tentu dapat mereka terima.

  1. Minta dukungan orang terdekat;

Setiap orang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda meskipun masih satu keluarga. Kadang-kadang, kamu sudah tidak peduli dengan perkataan orang lain. Tetapi karena faktor gengsi, orang tuamu masih memikirkan pendapat orang lain. Dengan meminta dukungan dari orang-orang terdekat, kamu akan semakin memiliki kekuatan baru untuk fokus pada tujuanmu. Meminta dukungan dapat kamu lakukan dengan memberi pengertian dan penjelasan dari hati ke hati kepada orang terdekat, agar mereka memahami apa yang kamu rencanakan.

Motivasi diri adalah suatu hal yang selalu kamu butuhkan dalam menjalankan hidup di zaman ini, di mana di satu sisi orang sudah beranggapan modern, dan di sisi lain masih banyak orang yang berpandangan kolot. Menjadi diri sendiri meskipun sering dianggap berbeda dengan orang lain, menjadi suatu kehormatan bagi dirimu daripada harus melakukan hal yang sama dengan orang lain, tetapi tidak sesuai dengan nuranimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here