Home Cerita Inspirasi Motivasi Belajar Sukses

Motivasi Belajar Sukses

4079
0
SHARE

Motivasi Belajar Sukses

Menurut Drs. H. Abu Ahmadi menjelaskan pengertian prestasi belajar sebagai berikut. Secara teori bila sesuatu kegiatan dapat memuaskan suatu kebutuhan, maka ada kecenderungan besar untuk mengulanginya. Sumber penguat belajar dapat secara ekstrinsik (nilai, pengakuan, penghargaan) dan dapat secara ekstrinsik (kegairahan  untuk menyelidiki,  mengartikan situasi). Belajar adalah dalah satu proses untuk mencapai tingkat ketercapaian yang diingkan. Belajar juga bisa disebut penggali ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya, dengan belajar yang baik dan pola belajar yang baik maka keinginan yang akan dicapai pasti akan menghasilkan yang baik pula. Menurut A.M. Sardiman (2005:92-94), cara meningkatkan motivasi belajar dalam kegiatan belajar di sekolah misalnya saja, pertama dengan memberikan nilai angka, angka ini diibaratkan dengan symbol-simbol nilai yang diukur untuk menentukan seberapa besar hasil proses belajar. Memberikan nilai secara symbol dalam ujian, ataupun tes-tes lainnya dapat membatu memotivasi belajar menuju sukses. Selain memberikan nilai untuk meningkatkan motivasi belajar adalah memberikan hadiah, memberikan kompetisi atau persaingan, baik yang individu atau kelompok.

Motivasi Belajar Sukses
Motivasi Belajar Sukses

Memberikan Ego-involvement yaitu Menumbuhkan kesadaran kepada seseorang agar merasakan pentingnya tugas belajar dan menerimanya sebagai tantangan sehingga belajar dengan keras adalah sebagai salah satu bentuk motivasi yang cukup penting. Pujian dan hukuman merupakan cara yang paling penting untuk meningkatkan motivasi belajar sukses, karena Hukuman akan diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya. Bentuk hukuman yang diberikan kepada siswa adalah hukuman yang bersifat mendidik seperti mencari artikel, mengarang dan lain sebagainya. banyak remaja, anak-anak, dan orang dewasa termosi atas pembelajaran para tokohyang begitu besar dalam diri setiap orang.

Tokoh yang terkenal dalam memotivasi belajar yaitu Mortimer Adeler, dimana ia mengatakan bahwa “tujuan untuk belajar adalah tumbuh. Dan akal kita berbeda dengan tubuh kita, bisa terus bertumbuh selama kita hidup”. selain Mortimer Adeler, Arthur Wellesley juga mengatakan “orang pintar belajar karena butuh, sedangkan orang bodoh belajar karena perlu”. Motivasi belajar sukses sangat penting untuk anda kedepannya. Oleh karena itu mulailah belajar yang mudah anda pahami dan gunakan cara bejarar sesuai ddengan karakter diri anda. memotivasi belajar untuk orang lain itu baik, akan tetapi memotivasi belajar sukses belajar untuk diri sendiri itu sangat dan amatlah baik.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here