Home Blog KELUARGA ADALAH ANUGERAH

KELUARGA ADALAH ANUGERAH

4
0
SHARE

Keluarga adalah Anugerah – Kalau menurut kamu, apa sih anugerah terindah di dunia ini? Apakah itu uang yang banyak, perhiasan, atau ketika apa pun yang kamu butuhkan selalu tersedia?

Tidak masalah jika jawabanmu berbeda, karena beda orang, beda kepala, maka beda juga jawabannya. Tetapi jika ada yang menjawab keluarga adalah anugerah, maka hal tersebut sangat patut diapresiasi. Mengingat sekaya apa pun seseorang, ketika dia tidak memiliki orang-orang sebagai tempat bernaung, maka jiwanya akan kosong.

Fakta mengenai keluarga adalah anugerah, tidak terbantahkan ketika kamu sedang berada di taraf kehidupan paling buruk, maka keluargalah yang selalu siap membantumu. Ketika kamu sedang berada di posisi tertinggi, keluarga pula yang selalu memberikanmu nasihat agar jangan sombong dan tidak lupa bersedekah. Maka, mengapa kamu harus merasa miskin jika di sekitarmu masih ada keluarga yang menyayangi?

Tetapi, masing-masing anggota keluarga juga harus paham di mana posisi yang tepat untuk menempatkan dirinya di hadapan anggota keluarga lain. Ingat! Meskipun mereka adalah anugerah yang selalu siap membantumu, faktanya mereka juga punya privasi masing-masing, lho.

Contoh nyatanya, ketika kamu membutuhkan biaya lebih untuk melakukan pembayaran suatu hal, sah-sah saja kamu meminta bantuan dengan meminjam uang kepada salah satu anggota keluargamu, adik atau kakak misalnya. Namun yang harus selalu kamu perhatikan, seperti halnya hutang piutang lain, kamu juga tidak boleh lupa membayar hutang. Jangan sampai karena dia adalah anggota keluarga, lantas kamu mengesampingkan kewajiban untuk membayar hutang.

Contoh lainnya, ketika kamu membutuhkan bantuan dalam hal mendirikan usaha, sedang kamu merekrut salah satu anggota keluarga sebagai karyawan, maka berikan dia hak yang seharusnya. Jangan sampai karena dia merupakan keluargamu lantas kamu mengistimewakannya, atau malah mengambil tenaganya dengan bayaran yang kurang sesuai.

Konsep mengenai keluarga adalah anugerah seyogianya bukan malah memanfaatkan anggota keluarga sebagai tameng atau hal-hal lainnya, mengatasnamakan persaudaraan dan kasih sayang sebagai alasan untuk menggunakan saudara tanpa memperhatikan privasi dan hak lain yang juga sebenarnya dia miliki. Betapa egoisnya dirimu ketika memanfaatkan seseorang yang dengan tulus ingin membantu meringankan bebanmu, tetapi malah kamu tidak paham kebutuhannya.

Untuk itu, meskipun keluarga merupakan segalanya, kamu juga tetap harus memikirkan perasaan mereka. Jangan sampai kamu menjadi anggota keluarga yang tak tahu diri dengan melakukan tindakan yang sebenarnya merugikan anggota keluarga lainnya. Karena konsep dari keluarga adalah memberi dan menerima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here