Home Blog MENGUKUR TEKANAN DARAH DENGAN PELINDUNG PONSEL

MENGUKUR TEKANAN DARAH DENGAN PELINDUNG PONSEL

15
0
SHARE

Mengukur Tekanan Darah dengan Pelindung Ponsel – Bagi sebagian masyarakat, kesehatan menjadi faktor utama yang patut selalu diperhatikan. Banyak yang memanfaatkan fasilitas-fasilitas kesehatan seperti klinik, rumah sakit, dan asuransi kesehatan bagi mereka yang melek akan kesehatan. Tetapi di Indonesia sendiri, mayoritas masyarakatnya kurang memerhatikan masalah kesehatan.

Seperti ketidaktahuan mereka soal penyakit stroke, hipertensi, dan serangan jantung mendadak yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Ditambah dengan gaya hidup yang semakin hari kian kurang diperhatikan akan membuat individu tersebut rentan dengan penyakit. Menurut salah satu ilmuwan 45 % orang di negara berkembang seperti Indonesia menderita hipertensi tetapi tidak diketahuinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ilmuwan di Amerika Serikat bernama Ramakrishna Mukkamala bersama dengan anggota tim lainnya, mengembangkan teknologi yang dipasang di alat yang paling sering dipegang masyarakat di seluruh dunia, yaitu ponsel pintar. Mereka menciptakan sebuah alat berupa pelindung ponsel dengan teknologi canggih yang dapat megukur tekanan darah penggunanya. Di masa depan, mengukur tekanan darah dengan pelindung ponsel, adalah sebuah pilihan mudah. Perangkat ini akan dilengkapi dengan sensor khusus. Tinggal menekan bagian belakang ponsel yang sudah terbungkus pelindung tersebut, kemudian pengguna dapat melihat hasil tekanan darahnya melalui layar ponsel pintar.

Seperti yang kita tahu, dengan mengunjungi dokter kita akan mengetahui bagaimana kesehatan kita terutama terkait dengan tekanan darah. Tetapi sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk mengunjungi dokter secara rutin karena kesibukan atau berbagai macam kendala lainnya. Untuk itu, ilmuwan di masa depan harus menciptakan alat portabel khusus untuk mengetahui bagaimana tekanan darah manusia tanpa perlu repot-repot keluar rumah untuk mengunjungi dokter.

Masih menurut Mukkamala dan tim ilmuwan lainnya, alat portabel yang mereka ciptakan merupakan salah satu jawabannya. Selain cara menggunakannya yang tidak sulit, cara kerjanya pun sebenarnya sama dengan alat pengukur tekanan darah konvensional yang meletakkan alat pengukur di lengan. Menurut Mukkamala sebenarnya saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pengukuran darah, hanya saja berbagai macam aplikasi tersebut tidak dilengkapi dengan sensor sebagaimana perangkat yang mereka ciptakan. Perangkat yang mereka ciptakan menggunakan oscillometric yaitu berdasar aliran darah manusia di arteri.

Dengan mengukur tekanan darah dengan pelindung ponsel, diharapkan semua manusia di seluruh belahan dunia lebih melek dengan kesehatan terutama yang berhubungan dengan tekanan darah karena cara menggunakannya yang mudah. Sayangnya, pelindung ponsel ini baru akan diproduksi secara massal pada dua tahun mendatang, yakni di tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here