Home Blog MENGENAI SENSE OF BELONGING

MENGENAI SENSE OF BELONGING

3
0
SHARE

Mengenai Sense of Belonging – Kamu pernah dengar kalimat sense of belonging? Mungkin sebagian dari kamu sudah akrab dengan kalimat tersebut. Mungkin ada banyak juga di antara kamu yang belum memahaminya. Buat kamu yang belum paham, aku kasih ilustrasi singkatnya, deh.

Pernah tidak kamu merasa berada di dunia yang sebenarnya tidak ingin kamu naungi. Misalnya saja, kamu berkuliah di jurusan kedokteran, padahal kamu sangat tertarik dengan jurusan hukum. Atau, ketika ada seorang temanmu yang sakit atau membutuhkan bantuan, lantas kamu cuek dan merasa bahwa dirimu tidak memiliki kewajiban untuk membantunya. Hati-hati, Kawan! Jika diteruskan, dampaknya akan berefek buruk bagimu. Mungkin saja kamu akan dikucilkan lingkungan, banyak yang membencimu, dan lain sebagainya.

Beberapa hal di atas, bisa juga merupakan indikasi, bahwa kamu kekurangan sense of belonging. Nah, arti dari sense of belonging adalah rasa memiliki terhadap sesuatu, baik itu kepada keluarga, teman, komunitas, dan hal-hal lainnya. Tingkat sense of belonging masing-masing orang itu berbeda-beda. Kalau terlalu lebih, dampaknya juga akan buruk, mungkin saja kamu lebih mudah dimanfaatkan oleh keadaan. Pun begitu kalau terlalu cuek, kamu akan menjadi manusia apatis dan arogan.

Lalu, bagaimana cara menjaga tingkat ‘rasa memiliki’ tersebut agar selalu sesuai dengan porsinya?

Yang pertama, adalah selalu berpikiran positif dengan melihat kondisi serta situasi. Pikiran positif memang harus menjadi peganganmu dalam melakukan tindakan apa pun. Tetapi ingat! Jangan sampai pikiran positif justru membuatmu mengambil keputusan dengan impulsif atau terburu-buru. Mengenai sense of belonging pada dasarnya juga bukan hanya mengajarkan bagaimana kamu menumbuhkan rasa memiliki tanpa perhitungan, lebih daripada itu, sense of belonging akan mengajarkanmu arti rasa memiliki yang sesungguhnya ketika kamu mengimbangi pikiran positif dengan melihat terlebih dahulu fakta yang ada.

Berikutnya adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri. Mengapa harus percaya diri? Karena bagaimana mungkin kamu punya rasa memiliki kepada orang atau hal lain, sedangkan kamu sendiri masih sering minder dan tidak percaya diri. Kecintaan pertama harus dimulai dari diri sendiri, lho. Selain untuk menumbuhkan sense of belonging, memiliki rasa percaya diri juga akan membuatmu paham, sesuatu yang kamu lakukan sebenarnya sudah benar atau tidak.

Yang terakhir mengenai sense of belonging adalah mau untuk bergabung dengan komunitas, atau relasi. Biasanya, melalui komunitas tersebut, kamu akan diajarkan rasa memiliki antar anggota komunitas, dengan cara yang seimbang. Maksudnya seimbang adalah tidak berlebihan hingga mengorbankan diri sendiri demi melakukan pengorbanan untuk orang lain atas dasar sense of belonging.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here