Home Blog KENALI HAL YANG BERPOTENSI MENYEBABKAN KANKER KULIT

KENALI HAL YANG BERPOTENSI MENYEBABKAN KANKER KULIT

47
0
SHARE

Kenali Hal yang Berpotensi Menyebabkan Kanker Kulit – Duka masih menyelimuti kediaman Hatta Rajasa (salah satu politikus dan tokoh publik Indonesia). Beberapa hari yang lalu, menantu beliau Almarhumah Adara Taista yang merupakan istri dari anak bungsu Hatta bernama Rasyid Rajasa meninggal dunia dalam usia yang relatif muda, 27 tahun. Rasyid dan Adara menikah pada akhir tahun 2017 yang lalu. Pada usia pernikahan tiga bulan, pasangan baru tersebut harus didera permasalahan yang serius mengenai kesehatan sang istri. Adara ternyata mengalami penyakit langka, yakni kanker kulit melanoma.

Kasus ini terjadi sekitar 138.000 kali di seluruh dunia setiap tahun. Pada setiap tiga kasus kanker kulit, satu di antaranya adalah kanker kulit melanoma. Kanker kulit melanoma terjadi di melanosit sebagai penghasil melanin di kulit. Melanin itu sendiri bertugas untuk menangkap sinar matahari serta melindungi kulit dari kerusakan. Karena lapisan ozon langit yang terus menipis, dikawatirkan kanker kulit jenis ini akan memakan korban yang semakin banyak.

Nah, untuk mitu kita perlu kenali hal yang berpotensi menyebabkan kanker kulit.

  1. Pola makan yang tidak seimbang;

Hal pertama yang dapat berpotensi menyebabkan kanker kulit adalah pola makan yang tidak seimbang. Jika selama ini kita beranggapan makan apa saja asal enak dan kenyang, maka mulai pikirkan kembali bagaimana akibat dari anggapan tersebut buat tubuh kita. Jika menu makan kita kurang buah dan sayur, maka akan menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh. Buah dan sayur juga merupakan makanan bernutrisi yang membantu melindungi sel kulit dari ancaman penyakit.

  1. Terlalu banyak mengonsumsi gula dan makanan manis buatan;

Yang perlu kita waspadai selanjutnya adalah tidak mengonsumsi gula dan makanan manis buatan dengan berlebihan. Faktanya, terlalu banyak mengonsumsi gula selain menyebabkan kolesterol tinggi dan obesitas, juga dapat membuat kulit mengendur dan kusam. Hal ini karena elasti dan kolagen pada kulit dipecah oleh gula yang kita konsumsi.

  1. Tidak memakai sunblock atau pakaian tertutup saat di luar ruangan;

Potensi lain yang menyebabkan kanker kulit adalah seringnya kulit terpapar sinar matahari secara langsung tanpa menggunakan pakaian tertutup dan sunblock. Jika dibiarkan secara terus menerus, hal ini dapat mengancam kulit kita.

  1. Tidak bergerak dalam waktu yang terlalu lama;

Tidak bergerak, misalnya duduk yang terlalu lama di depan komputer juga dapat mengendurkan kulit kita. Hal ini selanjutnya dapat melemahkan kulit serta menipiskan daya tahan kulit terhadap serangan luar.

  1. Memakai make up dan tidak memerhatikan pemeliharaan kulit;

Hal lain yang dapat berpotensi merusak serta menimbulkan kanker kulit adalah pemakaian make up yang tanpa memerhatikan perawatan kulit lainnya. Misalnya abai dalam membersihkannya, dan sebagainya.

Pentingnya kenali hal yang berpotensi menyebabkan kanker kulit juga akan membuat kita semakin peduli dengan kesehatan lainnya. Yang perlu diingat, penyakit kanker kulit tersebut berkorelasi dengan perubahan lingkungan, misalnya polusi udara dan hal lain yang menyebabkan lemahnya lapisan pelindung langit. Dengan menjaga diri melalui hidup sehat, maka artinya kita peduli dengan kesehatan tubuh. Mencegah akan selalu lebih baik ketimbang mengobati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here