Home Blog KELUARGA ADALAH TEMPAT KEMBALI

KELUARGA ADALAH TEMPAT KEMBALI

29
0
SHARE

Keluarga adalah Tempat Kembali – Sebagai tempat kembali, keluarga selalu memiliki arti yang indah di hati kita. Meskipun banyak konflik yang terjadi dalam keluarga, tetapi keluarga adalah tempat kembali paling nyaman yang tidak akan pernah kita temukan di tempat lain. Ketika kita memutuskan untuk merantau ke luar kota misalnya, hanya keluarga yang selalu sabar menanti kedatangan kita. Keluarga merupakan orang-orang yang dengan mudah menerima kita sebagai seorang manusia yang tidak sempurna.

Banyak orang-orang di luar sana yang berlaku baik kepada kita dengan berbagai macam alasan. Banyak ketidaktulusan yang sesungguhnya mereka berikan kepada kita, berbeda dengan keluarga yang selalu tulus menerima kita apa adanya.

Berikut ini sedikit di antara banyak alasan mengapa kita harus bersyukur masih memiliki keluarga sebagai tempat kembali.

  1. Keluarga merupakan jati diri kita;

Cara untuk melakukan syukur masih memiliki keluarga adalah dengan membawa diri kita sebaik-baiknya. Karena jati diri yang ada dalam diri kita bukan saja milik kita, tetapi juga milik keluarga. Ketika kita melakukan tindakan yang baik dan berprestasi, maka keluarga jugalah yang akan mendapatkan nama baik tersebut. Sebaliknya, jika kita menjadi seseorang yang memiliki jati diri buruk, seperti peminum, pengonsumsi narkoba, pembangkang, dan hal buruk lainnya, maka keluarga kita juga akan mendapatkan cap buruk tersebut.

  1. Ayah, ibu, kakak, atau adik akan tetap menjadi keluarga kita sepanjang masa;

Berbeda halnya dengan teman dan sahabat yang bisa saja menghilang satu per satu, Ayah, Ibu, kakak, atau adik akan tetap terikat dengan kita. Dengan begitu, menjaga keharmonisan keluarga merupakan sesuatu yang tidak dapat dilupakan. Apabila terjadi permasalahan, maka tahan diri kita untuk memperbesar egoisme yang tidak hanya merugikan diri kita sendiri, tetapi juga keluarga kita. Jangan dulu memosisikan diri sebagai seorang kakak atau orang tua dengan memaksakan kehendak kita kepada adik atau anak. Perbesar sikap toleransi antar keluarga agar tidak ada anggota keluarga kita yang selalu kita repotkan.

  1. Tempat bernaung dan berkeluh kesah;

Terkadang, kita merasa bahwa dunia terlalu kejam untuk kita. Hanya kepada keluarga lah kita dapat mengungkapkan semuanya. Segala keluh kesah, rahasia, dan jeritan hati yang belum tentu dapat dipahami orang lain.

Keluarga adalah tempat kembali untuk kita. Maka, selalu menyayangi keluarga merupakan tindakan yang harus selalu kita lakukan. Jangan sampai karena keegoisan kita, membuat keluarga kita berantakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here